ESTIMASI POPULASI ORANGUTAN (Pongo pygmaeus morio) BERDASARKAN SARANG PADA RESORT MAWAI-MUARA BENGKAL SPTN WILAYAH II TAMAN NASIONAL KUTAI. Population Estimates based on nests Orangutans (Pongo pygmaeus morio) in Kutai National Park in Resort Mawai - Muar

Alqaf, Legowo Kamarubayana, dan Taufan Tirkaamiana

Abstract


Estimasi Populasi Orangutan berdasarkan sarang (Pongo pygmaeus morio) di Taman Nasional Kutai di Resort Mawai-Muara Bengkal. Penelitian ini dilakukan di Taman Nasional Kutai Resort Mawai-Muara Bengkal, Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan, mulai bulan Maret hingga Mei 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung kepadatan individu populasi Orangutan. Arti penting dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai keberadaan populasi Orangutan di Taman Nasional Kutai yang terkait langsung dengan keberadaanya sebagai habitat mereka sehingga dimasa depan informasi ini akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah dan instansi terkait dalam merumuskan kebijakan yang secara langsung relevan dengan Pelestarian Orangutan di Taman Nasional Kutai.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah line transek dengan koleksi data langsung, yaitu dengan menghitung sarang Orangutan di lapangan. Data juga dikumpulkan dengan menggunakan metode tidak langsung, yaitu dengan mendapatkan informasi yang diberikan oleh petugas teknis kehutanan, dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kerapatan sarang Orangutan di areal penelitian sebanyak 313 sarang Orangutan/km2, dan kerapatan individu populasi Orangutan sebanyak 0,39 Orangutan/km2.

Keberadaan Orangutan tergantung dengan kondisi kawasan dan ketersediaan pohon pakan.Upaya untuk melestarikan spesies hewan ini adalah dengan menjaga habitat mereka dimana mereka tinggal, Taman Nasional Kutai menjadi habitat Orangutan.


Keywords


orang hutan, sarang, transek

Full Text:

Pdf doc

References


Ancrenaz, M. 2005. Consultancy on survey design and data analysis at BetungKerihun National Park, Indonesia.WWF-Germany.

Johnson, A. E. Knott, C.D. Pamungkas, B. Pasaribu, M. Marshall, A. J. (2005). A Survey of Orangutan ( Pongo pygmaeus wurambi) population in and around gunung Palung National Park, Weat Kalimantan Indonesia based on nest counts. Biological conservation, 121, 495-507. Doi. 10.1016/j. Biocon.2004.06.02

Rayadin,2013.Perilaku Ekologi dan Distribusi Populasi Orangutan (Pongo pygmaeus morio) pada Berbagai Fungsi Lanskap di Kalimantan Timur

Van Schaik, C. P., Azwar., & Priatna, D. (1995). Population estimates and habitat preferences of orangutans based on line transects of nests. In: Nadler, R. D., Galdikas, B. F. M., Sheeran, L.K., Rosen, N., (Eds.), The neglected ape. Plenum Press, New York. (pp. 128–147).




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v15i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960