PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR NASA DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.)

Erlita Sintiya Mebang dan Puji Astuti

Abstract


Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Nasa Dan Pupuk Kandang Ayam Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Selada (lactuca sativa L.) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cair pupuk NASA organik, kotoran ayam dan interaksi mereka pada pertumbuhan dan hasil selada (Lactuca sativa L.).

Penelitian yang dilakukan dalam waktu tiga bulan, dari bulan April sampai Juni 2014, yang terletak di kabupaten desa Bigung Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari dua faktor: faktor pertama adalah POC Nasa baik 0 ml L-1 (n0), 1 ml L-1 (n1), 2 ml L-1 (n2) , 3 ml L-1 (n3), dan faktor kedua pupuk kandang dosis ayam baik 0 g polybag-1 (a0), 75 g polybag-1 (a1), 150 g polybag-1 (a2), 225 g polybag-1 (a3). Data dianalisis menggunakan analisis varian dan berbeda secara signifikan ketika diikuti dengan uji LSD pada tingkat 5%.

Studi ini menunjukkan bahwa POC Nasa menghasilkan efek yang sangat signifikan terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, dan berat panen. aplikasi pupuk kandang ayam berpengaruh sangat signifikan terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, dan berat panen. Memberikan interaksi NASA POC dan kotoran ayam tidak signifikan pada tanaman umur ketinggian 14 dan 21 hari setelah tanam, jumlah daun, berat segar, dan berat panen, tetapi berbeda secara signifikan tinggi tanaman umur 21 hari setelah tanam dan panen.

Produksi segar tertinggi diperoleh pada penyediaan pengobatan NASA POC 3 ml-1 L air (n3) adalah 107, 5 g, produksi segar tertinggi diperoleh pada perlakuan kotoran ayam memberikan 225 g polybag-1 atau setara 30 ton ha-1 ( a3) adalah 74,15 g.


Keywords


Pupuk Organik NASA, pupuk kandang ayam dan selada.

Full Text:

Pdf doc

References


Agromedia, Redaksi. 2007. Panduan Lengkap Budidaya Selada. PT. Agromedia Pustaka: Tanggerang.

Abror P. 2012. Pupuk Organik Cair Nasa. http://produk-nasa.blogspot.com/2007/10/poc-nasa-pupuk-organik-cair.html

Dwijoseputro. 1994. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Penebar. swadaya

Estu, R., Eko, H. 1994. Bertanam Sawi Dan Selada. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hadisuwito, S. 2012. Membuat Pupuk Organik Cair. Jakarta: PT Agromedia Pustaka.

Harjadi SS, 1993. Pengantar Agronomi. Gramedia. Jakarta.

Haryanto, E. Suhartini, T. Rahayu, E. 2003. Sawi Dan Selada. Jakarta: Penebar Swadaya.

Novizan. 2002. Petunjuk Pemupukan Yang Efektif. PT. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Rukmana, R. 1994. Bertanam Selada dan Andewi. Penerbit Kanisius, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v15i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani