PERBANDINGAN KINERJA MODEL ARIMA DAN THOMAS-FIERING DALAM MEMPREDIKSI DEBIT SUNGAI LONING, MAGELANG

Joko Suryanto

Abstract


Perbandingan Kinerja Model ARIMA Dan Thomas-Fiering Dalam Memprediksi Debit Sungai Loning, Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa data debit bulanan sungai Loning Magelang menggunakan pendekatan stokhastik. Tahap awal adalah melakukan uji konsistensi data debit menggunakan metode Rescaled Adjusted Partial Sums (RAPS) untuk mendeteksi homogenitas data debit. Dua pendekatan stokhastik dalam simulasi debit bulanan sungai Loning adalah model ARIMA dan Thomas-Fiering. Indeks error (RMSE dan MAPE) prediksi dua model tersebut dibandingkan untuk menentukan model yang sesuai dalam mensimulasi debit sungai Loning. Nilai RMSE dan MAPE pada periode prediksi 2014 – 2015 diperoleh sebesar 9.710 lt/dt dan 27.23 %, 11,325 lt/dt dan 32.71 %, berturut-turut untuk model ARIMA dan Thomas-Fiering. Nilai indeks error tersebut mengidikasikan bahwa model ARIMA lebih sesuai untuk simulasi debit bulanan sungai Loning dibandingkan model Thomas-Fiering.


Keywords


ARIMA, Debit bulanan, Model stockhastic, Thomas-Fiering, Sungai Loning.

Full Text:

Pdf doc

References


Box, G.E.P, dan Jenkins G.M. 1970. Time Series Analysis: Forecasting and Control. Edisi Pertama. Holden-Day. San Fransisco.

Buishand, T.A. 1982. Some Methods For Testing The Homogeneity Of Rainfall Records. Journal of Hydrology. Vol 58. pp. 11 - 27.

Clarke, R. T. 1973. Mathematical Models in Hydrology.Irrigation and Drainage Paper. No. 19. FAO. Rome. Italy.

Makridakis, S.,S, Wheelwright dan V. Mcgee. 1995. Metode dan Aplikasi Peramalan. Jilid 1, Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta.

Mishra A, K., dan Singh, V. P. 2011. Drought Modelling- A Review. Journal of Hydrology. 403. pp. 157-175.

Raghunath, P. M. 2006. Hydrology: Principles Analysis Design. Revised Second Edition. New Age International, Ltd. Publishers. New Dehli.

Wei, W.W.S. 2006.Time Series Analysis, Univariate and Multivariate Methods.Second Edition. Addison Wesley Publishing Company. Canada.

Wibowo, Sapto. 2000. Analisis Neraca Air Untuk Perbaikan Rencana Penetapan Pola Tanam dan Jadwal Tanam. Tesis S2. UGM. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v15i1.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani