DAYA SAING PRODUK-PRODUK INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (KELOMPOK BARANG KAYU DAN HASIL HUTAN) DI KOTA TARAKAN

Karmini .

Abstract


Daya Saing Produk-Produk Industri Kecil Dan Menengah  (Kelompok Barang Kayu Dan Hasil Hutan) Di Kota Tarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing dari produk-produk industri kecil dan menengah (kelompok barang kayu dan hasil hutan) di Kota Tarakan. Lokasi penelitian berada di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2015. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder. Analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman) digunakan untuk menganalisis data. Produk-produk industri kecil dan menengah (kelompok barang kayu dan hasil hutan) di Kota Tarakan memiliki daya saing yang tinggi. Daya saing tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain motivasi, bahan baku, tenaga kerja, modal usaha, keuangan, teknologi produksi, pemasaran, iklim usaha, dan pembinaan.

 


Keywords


Daya saing, industri kecil, industri menengah, Kota Tarakan, produk.

Full Text:

Pdf doc

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur. 2013. Produk Domestik Regional Bruto Menurut Lapangan Usaha Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2008-2012. Gross Regional Domestic Product by Industrial Origin of Kalimantan Timur. BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Lubis, H. 2007. Tinjauan teori perkuatan sentra industri kecil menengah. Dalam Membangun daya saing industri daerah dengan pendekatan kompetensi inti industri. Departemen Perindustrian, Jakarta.

Mulyadi, D dan Ahmad, S. 2007. Pengembangan industri regional. Dalam Membangun daya saing industri daerah dengan pendekatan kompetensi inti industri. Departemen Perindustrian, Jakarta.

Pambudhi, P. A. 2007. Daya saing investasi daerah opini dunia usaha. Dalam Membangun daya saing industri daerah dengan pendekatan kompetensi inti industri. Departemen Perindustrian, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960