Analisa Pertumbuhan Tegakan Muda Meranti (Shorea sp.) Dengan Teknik Silvikultur Intensif (SILIN) Di PT. Triwiraasta Bharata Kabupaten Kutai Barat

Hadiansyah , Taufan Tirkaamiana dan Dwi Ery Mujahiddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan diameter dan tinggi tegakan muda Meranti (Shorea sp.) pada jalur tanam yang diusahakan dengan teknik Silvikultur Intensif (SILIN) dan untuk mengetahui perbandingan antara pertumbuhan tegakan teknik Silvikultur Intensif (SILIN) yang dilaksanakan di PT. Triwiraasta Bharata dengan standar pertumbuhan yang sudah ditetapkan oleh tim pakar Silvikultur Intensif (SILIN).

Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PT. Triwiraasta Bharata Base Camp Senduru Km 31, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Data yang dikumpulkan di dalam penelitian ini adalah data tentang diameter dan tinggi masing-masing jenis tanaman yaitu Shorea leprosula, Shorea parvifolia, Shorea ovalis dan Shorea smithiana.

Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh rata-rata diameter dan tinggi pada tanaman yang berumur 4 tahun dari jenis Shorea leprosula adalah 4,80 cm dan 5,67 m, Shorea parvifolia adalah 4,18 cm dan 5,61 m, Shorea ovalis adalah 3,96 cm dan 5,91 m dan Shorea smithiana adalah 3,43 cm dan 5,05 m. Sedangkan riap diameter dan tinggi pada tanaman jenis Shorea leprosula adalah 1,20 cm/tahun dan 1,42 m/tahun, Shorea parvifolia adalah 1,05 cm/tahun dan 1,40 m/tahun, Shorea ovalis adalah 0,99 cm/tahun dan 1,48 m/tahun dan Shorea smithiana adalah 0,86 cm/tahun dan 1,26 m/tahun.


Keywords


Analisa pertumbuhan, Shorea sp

Full Text:

PDF DOC

References


Elias. 2013. Kebijakan Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Dan Penerapan Multisistem Silvikultur.

Sarviah. 2003. Riap Jenis Tanaman Shorea leprosula, Shorea parvifolia Dan Dryobalanops lanceolata Pada Loka Penelitian Dan Pengembangan Satwa Primata Samboja. Skripsi Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Wahyudi. 2013. Perbaikan Kualitas Tempat Tumbuh Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Tegakan Hutan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960