Respon Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L) Terhadap Pengaruh Berbagai Media Tanam Dan Pemberian Mikro Organisme Lokal (Mol) Keong Mas

Mahdalena .

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh MOL mas keong pada pertumbuhan dan hasil bawang merah dan untuk menentukan media tanam terbaik untuk pertumbuhan dan produksi bawang merah.

Penelitian ini dilakukan selama empat bulan, dari bulan April sampai Agustus 2016, sebuah studi pada lokasi Pertanian Training Institute (Bapeltan) Jl. Desa Thoyib Hadiwijaya Sempaja Timur Provinsi North Samarinda Kalimantan Timur.

Penelitian ini menggunakan rancangan acak (RAK) dengan percobaan 4 x 4 faktorial yang terdiri dari tiga ulangan. Faktor pertama adalah Media Tumbuh yang terdiri dari empat tingkatan: yaitu M0 (Control), M1 (humus dan pasir), M2 (humus dan Sekam Padi) dan M3 (humus, Sekam Padi dan Pasir). Faktor kedua adalah konsentrasi mikroorganisme lokal (MOL) siput terdiri dari empat tingkat yaitu P0 (kontrol) P1 (100 ml / liter air) P2 (200ml / liter air) dan P3 (300 ml / liter).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media tanam (M) secara signifikan mempengaruhi parameter jumlah daun umur 60 HST dan tidak dipengaruhi secara signifikan, tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah umbi, umbi-umbian dan berat media tumbuh pH. Sedangkan pemberian MOL Keong Mas (P) tidak berpengaruh signifikan pada semua parameter. Tidak ada interaksi antara pabrik pengolahan dan penyediaan berbagai media MOL Keong Mas pada semua parameter yang diamati.


Keywords


Pertumbuhan, bawang merah, MOL.

Full Text:

PDF DOC

References


Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Samarinda. 2016. Potret Kota Samarinda, keadaan Geografis dan Iklim. Samarinda. Bappeda Kota Samarinda.

Badan Pusat Statistik. 2014. Hasil produksi bawang merah di Kalimantan Timur. Kalimantan Timur. BPS

Hanafiah, K.A. 2005. Rancangan Percobaan. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Rukmana R. 2007. Bawang Merah dari Biji. Aneka Ilmu. Semarang

Redaksi PS.2007. Media Tanam untuk Tanaman Hias.Penebar Swadaya.Jakarta.

Steel, R. G. D dan J. H. Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Biometric Terjemahan Bambang Sumantri, Gramedia Pustaka, Jakarta.

Sutedjo, M.M., 2008. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Tambunan, W. A., Rosita S., dan Ferry E.S. 2014. Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Dengan Pemberian Pupuk Hayati Pada Berbagai Media Tanam. Jurnal Online Agroekoteknologi . ISSN No. 2337- 6597 Vol.2, No.2 : 825 - 836, Maret 2014. Fakultas Pertanian USU. Medan.

Wibowo S. 2009. BudidayaBawang.Penebar Swadaya. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v15i2.2079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.