Pengaruh Macam dan Dosis ZPT Terhadap Produksi Alur Sadap Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) di Kampung Sakaq Lotoq Kecamatan Mook Manaar Bulatn Kabupaten Kutai Barat

Muhammad Pajeri , Abdul Fatah dan Hery Sutejo

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis ZPT terhadap produksi alur sadap tanaman karet.  Penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret sampai bulan April 2014, di kampung Sakaq Lotoq, Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Rancangan Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri dari dua Faktor yaitu, faktor pertama adalah macam (M) ZPT yang terdiri dari dua taraf yaitu m1= BETTER dan m2= KARET PLUS, dan yang kedua adalah dosis (D) ZPT yang terdiri dari 4 taraf, yaitu d0= tanpa ZPT, d1= 0.5 ml/pohon, d2= 1 ml/pohon, d3= 1,5 ml/pohon, sehingga secara keseluruhan terdapat 8 kombinasi perlakuan.

Berdasarkan hasil sidik ragam dapat diketahui bahwa: (1) Perlakuan macam ZPT berpengaruh tidak nyata terhadap produksi lump setelah perlakuan I, III, dan V, tetapi berpengaruh nyata setelah perlakuan II, IV dan VI.  (2) Perlakuan dosis pemberian ZPT berpengaruh tidak nyata terhadap produksi lump pada perlakuan I, II, III, IV dan V, tetapi berpengaruh beda nyata pada perlakuan VI.;  (3) Interaksi perlakuan berpengaruh tidak nyata terhadap produksi lump setelah perlakuan I, III, IV, V dan VI, tetapi berpengaruh sangat nyata setelah perlakuan II.


Keywords


Doses PGR, rubber plant

Full Text:

PDF DOC

References


Anging, 2 DP. Isdayanti, G.A. Pratiwi, S. Rachman, dan P. Parras. 2014. Produksi Tanaman Karet pada pemberian stimulant etephon latek. Fakultas Teknologi Pertanian. Universita Brawijaya Malang

HS,Siregar, 1994, Teknik Penyadapan Karet

Nazaruddin & Paimin. 2002. Budidaya dan Pengolahan tanaman Karet, penebar swadaya, Jakarta.

Soekartawi. 1991. Agribisnis ( Teori dan Aplikasinya ) Raja Grafindo Persada. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960