Pengaruh Pupuk Organik Cair Nasa Dan Zat Pengatur Tumbuh Ratu Biogen Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.) Varietas Antaboga-1

Susana Neli , Noor Jannah dan Abdul Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh POC Nasa  dan ZPT Ratu Biogen serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung dan untuk memperoleh konsentrasi POC Nasa  dan ZPT Ratu Biogen yang sesuai untuk pertumbuhan dan produksi tanaman terung, sehingga diperoleh produksi buah yang tinggi.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan percobaan faktorial 4 x 4  dan jumlah ulangan 3 (tiga) kali, terdiri dari 2 faktor.

Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan POC Nasa (N) dan ZPT Ratu Biogen (R) berpengaruh sangat nyata, sedangkan interaksinya (NxR)  berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 15 hari setelah tanam. Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan POC Nasa (N) dan ZPT Ratu Biogen (R) berpengaruh sangat nyata, sedangkan interaksinya (NxR)  berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 30 hari setelah tanam. Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan POC Nasa (N) dan ZPT Ratu Biogen (R) berpengaruh sangat nyata, sedangkan interaksinya (NxR)  berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 hari setelah tanam. Hasil sidik ragan menunjukkan bahwa interaksi perlakuan (NxR) berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 15 hari, umur 30 hari dan umur 45 hari setelah tanam, umur tanaman saat berbunga, umur tanaman saat panen, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman dan produksi buah per hektar.


Keywords


Pupuk organik, pertumbuhan, dan terung

Full Text:

PDF DOC

References


Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura, 2006. Laporan Tahunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur.

http://agromaret.com/jual/63715/jual_hormon_hantu_zpt_ratu_biogen_npk_jagotani_hemat_pupuk_hingga_50 diunduh sabtu 15 Pebruari 2014

B.H Firmanto. B.H. 2011. Sukses Bertanam Terung Secara Organik. Ankasa, Bandung.

Novizan,. 2002. Petunjuk Pemupukan dan Efektif. Agromedia Pustaka,. Jakarta.

Sri Setyati Harjadi, M.M. 1978. Pengantar Agronomi. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v15i2.2085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.