TINJAUAN BEBERAPA KOMODITAS PERTANIAN STRATEGIS SEBAGAI BASIS PENETAPAN PRODUK UNGGULAN DAERAH TINGKAT DESA DI KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Abdul Fatah , Abdul Rahmi, dan Maya Preva Biantary

Abstract


Tinjauan Beberapa Komoditas Pertanian Strategis Sebagai Basis Penetapan Produk Unggulan Daerah Tingkat Desa Di Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penelitian adalah : (1) mengidentifikasi komoditi pertanian dan bentuk produk yang dipasarkan di lokasi studi yang memiliki potensi untuk ditingkatkan daya saingnya;, (2) membuat ranking komoditi pertanian dan bentuk produk yang teridentifikasi di lokasi studi untuk ditetapkan sebagai sektor komoditi yang diunggulkan daya saingnya; (3) membuat daftar one village one product (OVOP) dan sebarannya pada lokasi studi sebagai usulan komoditas yang diunggulkan daya saingnya; (4) menganalisis faktor-faktor yang turut memberikan pengaruh dalam rencana pengembangan OVOP di Kabupaten Paser; dan (5) merekomendasikan alternatif strategi dalam rangka program percepatan pengembangan OVOP di Kabupaten Paser.

Penelitian dilaksanakan di wilayah Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dengan dua desa pada setiap kecamatan sebagai sampel. Penelitian dilaksanakan dalam rentang waktu selama kurang lebih delapan bulan sampai akhir pembuatan laporan.

Data yang dikumpulkan meliputi : (1) data primer bersumber dari hasil wawancara dengan responden (tingkat rumah tangga/ kelompok dan/atau pelaku usaha) di lokasi penelitian; dan (2) data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti Dinas/Instansi yang menangani sektor komoditaspertanian tanaman pangan dankomoditas perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bappeda, BPS di lingkup Kabupaten Paser dan Provinsi Kalimantan Timur. Metoda pengumpulan data dilakukan melalui survei, wawancara dengan informan kunci dan penelaahan data sekunder. Jumlah responden di setiap kecamatan sebanyak ± 10 pelaku usaha.  Alat analisis yang digunakan adalah model LocationQuotient (LQ) dan Shift-Share, khususnya dalam rangka untuk mengidentifikasi jenis sektor komoditas atau produk yang akan diunggulkan pada setiap kecamatan.  Hasil dari analisis ini akan menjadi pijakan dasar dalam melakukan kajian berikutnya, yaitu penetapan OVOP pada setiap kecamatan. Untuk merumuskan strategi dan kebijakan yang direkomendasikan untuk penerapan Program OVOP digunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecamatan-kecamatan yang paling dominan di Kabupaten Paser untuk komoditas dari sub-sektor tanaman pangan dan palawija adalah kecamatan Kuaro, Muara Samu, Long Kali, dan Tanjung Harapan; dan (2)kecamatan-kecamatan yang paling dominan di Kabupaten Paser untuk komoditas dari sub-sektor perkebunan adalah kecamatan Muara Komam, Tanah Grogot, Tanjung Harapan, dan Kuaro.


Keywords


Strategic Agricultural Commodities, village, Paser Regency

Full Text:

PDF DOC

References


Badan Ketahanan Pangan. 2008. Direktori Pengembangan Konsumsi Pangan. Departemen Pertanian, Jakarta.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. 2014. Kabupaten Paser dalam Angka 2014. Bappeda Paser, Tanah Grogot.

Database Sosial Ekonomi Kabupaten Paser 2013.

David, F.R. 2004. Konsep Manajemen Strategis. PT. Indeks. Jakarta

Dispertan Provinsi Kaltim. Keadaan Umum Kabupaten Paser.www.dispertan.kaltimprov.go.id. Diakses tanggal 18 Juli 2014.

Martani Huseini. 2000. Otonomi Daerah, Integrasi Bangsa, dan Daya Saing Nasional: Saka-Sakti, Suatu Model Alternatif pemberdayaan Ekonomi Daerah (orasi Ilmiah Wisuda XIX STIA LAN Bandung, tanggal 29 April 2000).

Meirina Triharini, Dwinita Larasati & R. Susanto. 2014. Pendekatan One Village One Product (OVOP) untuk Mengembangkan Potensi Kerajinan Daerah: Studi Kasus: Kerajinan Gerabah di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. LPPM ITB, ITB J. Vis. Art & Des, Vol. 6, No. 1, 2014, 29-42.

Peraturan Presiden (Perpres) No 22 tahun 2009 tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Peraturan Menteri Pertanian nomor 43/Permentan/OT.140/10/2009 tentang Gerakan Percepatan Penganeka-ragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2016.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Paser 2011 – 2015.

Sugiharto dan Syamsul Rizal. 2008. Gerakan OVOP sebagai Upaya Peningkatan Pembangunan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v16i1.2581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.