ANALISIS FINANSIAL USAHATANI PEMBIBITAN BUAH DURIAN LOKAL (Durio zibethinus L.) PADA TINGKAT KELOMPOK TANI KECAMATAN BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT

Meri Febriati, Abdul Kholik Hidayah, dan Puji Astuti

Abstract


Analisis Finansial Usahatani Pembibitan Buah Durian Lokal (Durio zibethinus L.) Pada Tingkat Kelompok Tani Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Tujuan Penelitian ini adalah  (1) Untuk mengetahui tahapan usaha pembibitan buah Durian lokal yang diusahakan oleh masyarakat di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat; (2) Untuk mengetahui kelayakan finansial usaha pembibitan Durian lokal di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Objek penelitian ini adalah petani di Kampung Ombau Asa dan Geleo Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur, khususnya menyangkut pengelolaan, biaya produksi, produksi dan pendapatannya serta permasalahan yang ada.

Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2014, dengan metode sensus kelompok tani di Kampung Ombau Asa dan Geleo Asa, dimana semua bibit tanaman sebanyak 110.000 bibit sebagai objek penelitian yang terdapat di pembibitan pada Kampung Ombau Asa dan Geleo Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.

Analisis kelayakan finansial pada usaha pembibitan Durian Lokal di Kampung Ombau Asa dan Geleo Asa Kecamatan Barong Tongkok, menunjukan total biaya produksi sebesar Rp. 38.330.000, sedangkan penerimaan sebesar Rp. 150.000.000, dan keuntungan sebesar Rp. 111.670.000.

Usahatani pembibitan Buah Durian Lokal di Kampung Ombau Asa dan Geleo Asa layak diusahakan. B/C rasio yang diperoleh sebesar 3,91, produktivitas produksi lebih besar dari BEP produksi yaitu 110.000 bibit > 5.679 bibit dan harga yang diterima oleh pemilik pembibitan lebih besar dari BEP harga yaitu Rp. 2.000 > Rp.348,45.


Keywords


Analisis financial, Pembibitan, durian lokal

Full Text:

PDF DOC

References


Ashari, Semeru. 2006. Meningkatkan Keunggulan Bebuahan Tropis Indonesia. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Mubyarto. 1994. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : Pustaka LP3SE.

Rahardi, F., 2007. Agribisnis Tanaman Buah. Jakarta : Penebar Swadaya.

Soekartawi. 2002. Analisa Usahatani. Jakarta : UI-Pres.

Sumarjono. 2000. Teori Ekonomi Produksi. Jakarta : Raja Grafindo Perseda.

Sutanto, Purwo dkk. 2010. Menjalankan Usaha Kecil. Klaten : Macanan Jaya Cemerlang.

Wibowo, Singgih. 2000. Petunjuk Mendirikan Perusahaan Kecil. Jakarta : Penebar Swadaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960