STUDI ASPEK SOSIAL, EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT DESA SEDULANG TERHADAP UPAYA KELESTARIAN CAGAR ALAM MUARA KAMAN SEDULANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Rasyid Rahman, Heni Emawati, dan Ismail Bakrie

Abstract


Studi Aspek Sosial, Ekonomi dan Budaya Masyarakat Desa Sedulang Terhadap Upaya Kelestarian Cagar Alam Muara Kaman Sedulang Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui aspek sosial ekonomi dan budaya masyarakat yang berada disekitar Cagar Alam Muara Kaman Sedulang kaitanya dalam upaya pelestarian Cagar Alam Muara Kaman Sedulang. Dan hasil yang diharapkan adalah dapat memberikan data dan informasi yang jelas mengenai keadaan sosial, ekonomi dan budaya  masyarakat yang berada disekitar Cagar Alam Muara Kaman Sedulang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tinjauan pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field work research) yaitu observasi, kuisioner langsung dengan responden dan pada lembaga-lembaga terkait dengan tujuan penelitian ini Badan Pusat Statistik, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur dan Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Kartanegara. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling.Semua data yang telah terkumpul dilakukan editing untuk perbaikan kualitas data dan selanjutnya data hasil penelitian dibuat model tabulasi untuk mengadakan proses analisis, setelah ditabulasikan sesuai dengan tujuan penelitian, maka data dianalisis secara deskritif.

Berdasarkan data dan hasil analisa yang telah dilakukan diketahui bahwa secara sosial dan ekonomi sebagian besar masyarakat Desa Sedulang yang bermatapencaharian utama sebagai nelayan belum dapat memenuhi kebutuhan minimum mereka sehari-hari sehingga untuk mencukupi kebutuhannya masyarakat menggantungkan hidupnya di bidang pertanian dan perkebunan dengan memanfaatkan lahan disekitar Cagar Alam Muara Kaman Sedulang.Dalam kaitannya dengan kelestarian Cagar Alam Muara Kaman masyarakat Desa Sedulang telah menggerakkan modal sosial dengan melakukan konservasi lahan penanaman dan penghijauan hutan kembali didaerah penyangga karena didasari atau tidak masyarakat Desa Sedulang mempunyai ketergantungan terhadap Cagar Alam Muara Kaman Sedulang.Untuk dapat melakukan upaya penggelolaan Cagar Alam Muara Kaman Sedulang dengan optimal maka sangat diperlukan adanya partisipasi masyarakat secara keseluruhan yang didukung dengan pendampingan dari instansi terkait serta dalam proses perencanaan pengelolaan Cagar Alam Muara Kaman Sedulang pada tahap-tahap tertentu masyarakat sangat perlu dilibatkan.


Keywords


aspek sosial, ekonomi, budaya, cagar alam

Full Text:

PDF DOC

References


Bebbington, 2006. Empowerment Social Capital as Idea and Practice at The World Bank. Kumarian Press inc.

BKSDA Kaltim dengan Universitas Gajah Mada 2012. Rencana Pengelolaan Jangka Panjang Cagar Alam Muara Kaman Sedulang di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Timur Periode Tahun 2012 – 2022.

FWI dan GFW. 2001. Potret Keadaan Hutan Indonesia. Bogor. Indonesia: Forest Watch Indonesia dan Washington D.C: Global Forest Watch.

Mubyarto. 1991. Hutan, Perladangan dan Pertanian Masa Depan. PT. Aditya Media. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v16i1.2593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.