STUDI PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH KELURAHAN MERDEKA KECAMATAN SAMBOJA KALIMANTAN TIMUR

Zulkifli, Ismail, dan Legowo Kamarubayana

Abstract


Studi Pengendalian Kebakaran Hutan Di Wilayah Kelurahan Merdeka Kecamatan Samboja Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari, mendeskripsikan, dan memahami: Upaya pengendalian  kebakaran hutan  yang diterapkan di  wilayah Kelurahan Sungai Merdeka dan Partisipasi masyarakat sekitar hutan  dalam  strategi pengendalian kebakaran hutan.

Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kualitatif  yang berusaha mempelajari dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengendalian kebakaran hutan di wilayah Kelurahan Sungai Merdeka Kecamatan Samboja.  Pendekatan kualitatif juga digunakan untuk mendeskripsikan   partisipasi masyarakat sekitar hutan dalam pengendalian kebakaran hutan serta diiringi dengan berbagai upaya dari masyarakat untuk  terus meningkatkan  partisipasi mereka dalam  penerapan strategi pengendalian kebakaran hutan.

Dalam  penelitian  ini,  subyek  dibedakan  menjadi  informan dan responden;  informan merupakan pihak yang akan memberikan keterangan tentang pihak  lain  dan  lingkungannya.  Sedangkan  responden  merupakan  pihak  yang memberi keterangan tentang diri dan kegiatan yang dilaksanakan.

Kebakaran Hutan merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan hutan yang berakibat terdegradasinya hutan di Indonesia, untuk melindungi kerusakan hutan yang disebabkan oleh kebakaran dilakukan kegiatan pengendalian kebakaran hutan meliputi: pencegahan, pemadaman, penanganan pasca kebakaran. Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa faktor penyebab kasus  kebakaran hutan di wilayah Kelurahan Sungai Merdeka ialah kegiatan manusia

Keywords


Kebakaran hutan, pengendalian

Full Text:

PDF DOC

References


Akhmad. 2004. Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Hutan Alam Produksi. [http://www.google.com/Ekologi_1.pdf/2004].

Departemen Kehutanan (DEPHUT), Dinektonat Jendenal Penlindungan Hutan dan Konsenvasi Alam. 2007. Prosedur Tetap Pengendalian Kabakaran Hutan. Jakanta.

Departemen Kehutanan (DEPHUT) , Sekretanis Jenderal Departemen Kehutanan. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 45 Tahun 2005 Tentang Perlindungan Hutan. Jakanta.

Suratmo, F. Gunanwan, E.A. Husaeni, N. Sunati Jaya. 2003. Pengetahuan Dasar Pengendalian Kebakaran Hutan. Fakultas Kehutanan IPB. Bogon.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v16i1.2600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 AGRIFOR

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani