SUHU DAN KELEMBABAN TANAH PADA LAHAN REVEGETASI PASCA TAMBANG DI PT ADIMITRA BARATAMA NUSANTARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Karyati Karyati, Rani Octaviani Putri, Muhammad Syafrudin

Abstract


Upaya revegetasi pada lahan pasca tambang diharapkan dapat memperbaiki sifat-sifat tanah, memulihkan kesuburan tanah, dan memperbaiki iklim mikro tanah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik suhu dan kelembaban tanah pada lahan revegetasi berbeda umur. Suhu dan kelembaban tanah diukur pada kedalaman 10 cm dan 20 cm pada revegetasi pasca tambang umur 3, 4, 5, 6, dan 7 tahun. Hasil menunjukkan bahwa suhu tanah tertinggi pada kedalaman 10 cm dan 20 cm masing-masing sebesar 27,7ºC dan 26,6ºC pada revegetasi umur 3 tahun. Sedangkan suhu tanah terendah pada revegetasi umur 7 tahun pada kedalaman 10 cm dan 20 cm berturut-turut sebesar 26,1ºC dan 24,9ºC. Kelembaban tanah tertinggi adalah 87,8% (pada kedalaman 10 cm) dan 88,0% (pada kedalaman 20 cm) pada lahan revegetasi umur 7 tahun. Ditambahkan, kelembaban tanah terendah pada kedalaman 10 cm (81,3%) dan 20 cm (81,5%) adalah pada kawasan revegetasi umur 3 tahun. Perbedaan umur tanam berpengaruh terhadap fluktuasi iklim mikro, termasuk suhu dan kelembaban tanah pada kedalaman tanah berbeda.


Keywords


Iklim mikro, kelembaban tanah, pasca tambang, revegetasi, suhu tanah

Full Text:

DOC PDF

References


Arifin, M. 1993. Pengaruh Kebakaran Hutan terhadap Beberapa Aspek Hidrologis dan Mikroklimate di Taman Bukit Soeharto. Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi. Jurusan Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Universitas Mulawarman. Samarinda.

Arnold, J.E. 1999. Soil Moisture. Tersedia di laman http://www.ghcc.msfc.nasa. gov/landprocess/lp_home.html. Diakses tanggal 04 Februari 2017.

Beredi. 2010. Fluktuasi Suhu Tanah pada Beberapa Kedalaman di Areal Tegakan Jati (Tectona grandis Linn. f.) dengan Kelas Umur yang Berbeda. Fakultas Kehutanan. Universitas Mulawarman. Samarinda (Tidak Dipublikasikan).

Djumali dan Mulyaningsih, S. 2014. Pengaruh Kelembaban Tanah terhadap Karakter Agronomi, Hasil Rajangan Kering dan Kadar Nikotin Tembakau (Nicotiana tabacum L; Solanaceae) Temanggung pada Tiga Jenis Tanah. Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat. Berita Biologi. Malang.

Hermawan, B. 2011. Peningkatan Kualitas Lahan Bekas Tambang melalui Revegetasi dan Kesesuaiannya sebagai Lahan Pertanian Tanaman Pangan. Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Kartasapoetra, A.G. 2006. Klimatologi: Pengaruh Iklim terhadap Tanah dan Tanaman. Bumi Aksara. Jakarta.

Karyati dan Ardianto, S. 2016. Dinamika suhu tanah pada kedalaman berbeda di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Jurnal Riset Kaltim, 4(1): 1-12

Kasperbauer MJ. 1994. Light and Plant Development. In Plant-Environment Interactions (Wilkinson RE, ed.), pp. 83- 123. New York: Marcel Dekker, Inc.

Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No.1211.K/008/M.PE/1995 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Perusakan dan Pencemaran Lingkungan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Umum.

Lakitan, B. 1997. Dasar-dasar Klimatologi. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Lubis, S.K. 2007. Aplikasi Suhu dan Aliran Panas Tanah. Universitas Sumatera. Medan. USU.

Permenhut RI No. P 4/Menhut-II/2011tentang Pedoman Reklamasi Hutan.

Prentice, I.C. 1992. Climate Change and Long-term Vegetation Dynamics. In Plant Succession: Theory and Prediction (Glenn-Lewin, D.C., Peet, R.K., & Veblen, T.T., eds.), pp. 293-339. Chapman & Hall. London.

Purwoto, H. 2007. Studi Tentang Fluktuasi Suhu Tanah pada Kedalaman Berbeda di Areal Agroforestri dan Lahan Kritis. Fakultas Kehutanan. Universitas Mulawarman. Samarinda (Tidak Dipublikasikan).

Rayadin, Y., J. Syamsudin, M. Ayatussurur, N. Qomari, H. Pradesta, A. Priahutama, R.O. Putri. 2016. Pendugaan Biomassa dan Cadangan Karbon. Kerjasama PT Kideco Jaya Agung dan Ecositrop. Samarinda (Tidak Dipublikasikan).

Sabaruddin, L. 2012. Agroklimatologi Aspek-aspek Klimatik untuk Sistem Budidaya Tanaman. Alfabeta. Bandung.

Suyono dan Sudarmadi, 1997. Hidrologi Dasar. Fakultas Geografi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

UU No. 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertambangan.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v17i1.3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AGRIFOR

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani