KNOWLEDGE AND ACTION OF FARMERS IN COFFEE CONTROL OF PLANT CUTTING ORGANISM ON AGRO FORESTRY IN SUKASARI, SUMEDANG DISTRICT, WEST JAVA

AHMAD THORIQ

Abstract


Teknik budidaya kopi berperan penting terhadap produktivitas biji kopi yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi mengenai pengetahuan, dan tindakan petani dalam budidaya tanaman kopi di Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Penelitian dilakukan dengan metode survei langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur untuk mendapatkan data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi pemerintah. Pemilihan lokasi survei dilakukan secara terpilih (purposive). Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan χ2 (chi-square). Hasil penelitian menunjukkan 66,67 % petani kopi berada pada usia 15 – 49 tahun (sangat produktif), dengan tingkat pendidikan 63,33 % lulusan Sekolah Dasar (SD), dan tanggungan keluarga 2 - 4 orang.  Rata –rata luas kebun kopi setiap petani adalah  7.500 m2 dengan usia tanaman rata-rata 4 tahun dan menghasilkan penghasilan rata-rata Rp.5.710.619 /KK/ha/tahun.  Sebagian besar petani (78%) memiliki pengetahuan yang baik tentang budidaya tanaman kopi, sedangkan 18% petani yang memiliki pengetahuan sedang dan 4% petani memiliki pengetahuan rendah namun  hanya 54% tindakan petani yang telah menerapkan teknik budidaya kopi yang baik sesuai dengan anjuran. Tingkat pengetahuan petani berkolerasi dengan usia dan pengalaman usaha tani sedangkan tindakan petani berkorelasi dengan tingkat pendidikan. 


Full Text:

DOC PDF


DOI: https://doi.org/10.31293/af.v18i1.4038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.