PENGARUH PUPUK KOMPOS DAN PUPUK ORGANIK CAIR NASA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) VARIETAS MISANO F1

Emiliana Lidya, Abdul Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk : (1) mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos dan POC Nasa serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil  tanaman mentimun varietas Misano F1; dan (2) memperoleh dosis pupuk kompos dan konsentrasi POC Nasa yang sesuai untuk pertumbuhan dan hasil tanamam mentimun, sehingga diperoleh hasil yang tinggi.

Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan Februari 2017 sampai bulan April 2017 di Pekarangan rumah Jalan Cut Nyak Dien RT.3 wilayah Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam percobaan faktorial 4 x 4 yang diulang sebanyak 3 kali.   Faktor pertama adalah dosis pupuk kompos (K) yang terdiri atas 4 taraf: tanpa pupuk kompos (k0),

48g polibag-1(k1). 64 g polibag-1 (k2); dan 80g polibag-1(k3).   Faktor kedua adalah konsentrasi POC Nasa (D) terdiri atas 4 taraf: tanpa POC Nasa (d0), 1 ml l-1 air (d1),  2 ml l-1 air (d2), dan 3 ml l-1 air (d3).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perlakuan pupuk kompos berpengaruh nyata terhadap berat satu buah dan berat buah per tanaman; berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tanaman pada umur 15 dan 30 hari setelah tanam, dan diameter buah, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah buah per tanaman.  Buah yang paling berat dihasilkan pada perlakuan 48 g polibag-1 (k1) yaitu 3,77 kg tanaman-1, sedangkan yang paling ringan dihasilkan pada perlakuan 80 g polibag-1 (k3) yaitu 3,06 kg tanaman-1; (2) perlakuan POC Nasa berpengaruh nyata terhadap berat satu buah; dan berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tanaman pada umur 30 hari setelah tanam dan diameter buah, tetapi berpengruh tidak nyata terhadap panjang tanaman pada umur 15 hari setelah tanam, jumlah buah dan berat buah per tanaman; dan (3) perlakuan interaksi antara pupuk kompos dan POC Nasa berpengaruh nyata terhadap berat satu buah dan berpengaruh sangat nyata terhadap diameter buah, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap panjang tanaman pada umur 15 dan 30 hari setelah tanam, jumlah buah dan berat buah per tanaman.


Keywords


Kompos, POC Nasa dan Mentimun

Full Text:

DOC PDF

References


Anonim. 2001. Pupuk Daun. Penebar Swadaya, Jakarta.

Darjanto dan S. Satifah. 2002. Biologi Bunga dan Teknik Penyerbukan Silang Buatan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Departemen Pertanian Republik Indonesia. 1996. Budidaya Tanaman Sayuran Pendukung Program Makanan Tambahan Anak Sekolah. Dirjen Tanaman Pangan dan Hortikultura, Jakarta.

Dwidjoseputro, D. 1998. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia, Jakarta.

Gomez, K.A dan A.A. Gomez. 1995. Prosedur Statistik untuk Penelitian Pertanian (Terjemahan A. Sjamsuddin dan J.S Baharsyah). Edisi Kedua. UI Press, Jakarta.

Lingga, P. dan Marsono. 2003. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta.

Munawar, A. 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB Press, Bogor.

Musnamar, E.I. 2003. Pembuatan dan Aplikasi Pupuk Organik Padat. Penebar Swadaya, Jakarta.

Prihmantoro, H. 2006. Memupuk Tanaman Sayuran. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rukmana, R. 2007. Budidaya Mentimun. Kanisius, Yogyakarta.

Sain, A. 2007. Budidaya Mentimun dan Tanaman Semusim secara Hidroponik. Ganeca Exact, Bandung.

Steel, R.G.D dan J. H. Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Winarso, S. 2005. Kesuburan Tanah dan Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Gava Media, Yogyakarta.

http://alamtani.com/pupuk-kompos.htmlPupuk kompos merupakan salah satu pupuk organik yang dibuat dengan cara menguraikan sisa-sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup...(diunduh Jumat, 27 Januari 2017)

https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_organik Kompos merupakan sisa bahan organik yang berasal dari tanaman, hewan, dan limbah organik yang telah mengalami proses ... ...(diunduh Jumat, 27 Januari 2017)

Https://www.youtube.com/watch?V=yimkm_umlgc15 Apr 2016 ... Manfaat Pupuk Oganik Produk Nasa (diunduh tanggal 6 Januari 2017)

http://www.produknaturalnusantara.com/produk-natural-Nusantara/pupuk-organik-cair-nasa/POC NASA adalah Pupuk Organik Cair produksi PT Natural Nusantara (NASA). Formula ini dirancang secara khusus terutama untuk mencukupi kebutuhan ... (diunduh, Sabtu, 28 Januari 2017)




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v18i2.4343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AGRIFOR

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

 

 

 

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.