ANALISIS REGIONAL SUBSEKTOR PERIKANAN WILAYAH PESISIR KOTA BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Vivi Nur Praditha, H. Helminuddin, Said Abdusysyahid

Abstract


Sumber daya perikanan adalah potensi yang membutuhkan pengembangan dalam pengembangan ekonomi regional, terutama di Balikpapan, mengingat wilayah pesisir dan lautnya. Potensi sumber daya perikanan sebagai sumber daya terbarukan dapat menjadi sumber ekonomi alternatif dalam mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan ekonomi di Balikpapan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Basis ekonomi sektor perikanan dalam meningkatkan ekonomi regional Balikpapan; (2) Efek pengganda pendapatan sektor perikanan terhadap peningkatan ekonomi regional Balikpapan; (3) Pindah shift positif dan negatif di sektor perikanan di Kalimantan Timur dan Balikpapan.

Penelitian ini dilakukan di wilayah pesisir Balikpapan menggunakan data dari Biro Pusat Statistik Balikpapan dan Departemen Pertanian, Perikanan dan Pangan pada tahun 2010-2017. Data dianalisis dengan menggunakan Location Quotient (LQ) Analysis, Income Multiplier Effects, dan Shift Share Analysis (SSA).

Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Sektor Perikanan di Kota Balikpapan adalah sektor non-basis dengan nilai LQ 0,29 - 0,36 pada 2010 - 2017, (2) Nilai efek pengali adalah -219,70, mencapai 658,59 pada tahun 2016, dan terendah adalah -219,70 pada tahun 2017 (3) Nilai SSA -0,28 menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi sektor perikanan di tingkat Provinsi Kalimantan Timur dikombinasikan dengan sektor perikanan Kota Balikpapan pada periode 2010 - 2017 relatif lambat atau regresif. Sedangkan untuk net shift (Pb), perekonomian Balikpapan dengan nilai Pb = 1,03 menunjukkan bahwa sektor ekonomi dikategorikan sebagai cepat dan kompetitif dengan Kabupaten/Kota lain

Keywords


Ekonomi Regional, Wilayah Pesisir, Balikpapan

Full Text:

DOC PDF

References


Budiharsono, S. (2001). Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. PT Pradya Paramitha: Jakarta.

Syafril, Muhamad. (2008). Analisis Basis Ekonomi Sub Sektor Perikanan Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis (Journal of the Tropical Fisheries Science). Vol. 9 No. 1. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan: Samarinda.

BPS Kota Balikpapan. (2014). Kota Balikpapan Dalam Angka 2014. Badan Pusat Statistik: Balikpapan.

BPS Kota Balikpapan. (2018). Balikpapan Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik: Balikpapan.




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v18i2.4356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AGRIFOR

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani