PERAN SERTA MASYARAKAT KELURAHAN KARANG BALIKPAPAN UTARA DALAM USAHA-USAHA PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Ismail Bakrie, Herodeni Setiawan, Zikri Azham

Abstract


 

Berdasarkan masalah-masalah yang ditemukan dilapangan dan analisis/pembahasan masalah yang terkait dengan tujuan penelitian maka diperoleh hasi bahwa sistem penanggulangan kebakaran hutan berbasis masyarakat telah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat dengan menggunakan teknik dan peralatan tradisional. Dalam penyiapan lahan untuk kebun, masyarakat lokal masih melakukan pembakaran, dan selalu membuat sekat bakar berupa rintisan-rintisan di sekeliling areal yang akan dibakar serta melakukan pengawasan pada saat membakar berlangsung untuk menghindari perluasan api

Strategi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan berbasis masyarakat adalah peningkatan taraf pendidikan masyarakat, meminimalkan sistem perladangan berpindah (gilir balik) dengan pola tebas bakar dan mencari sumber dana secara mandiri untuk meminimalkan terjadinya bahaya kebakaran yang pada gilirannya akan menambah luasnya lahan kritis, selain itu menghindari  terjadinya konflik kepemilikan lahan, dan juga perlunya keterbatasan tenaga pendamping yang berpengalaman.

Rancangan alternatif dalam pengembangan sistem PKHBM adalah upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan secara teknis, penerapan pola tanam terpadu, pendekatan partisipatif dalam penyusunan program PKHBM, serta pembentukan usaha kelompok bersama (UKB) dan pendampingan intensif.


Keywords


Kebakaran, hutan, lahan

Full Text:

DOC PDF

References


Anonim. 2002. Bahan Bacaan Pembinaan Masyarakat Dan Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan. UPTD Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Timur. Samarinda.

Hidayah, AK. 1998. Keterlibatan Masyarakat Lokal Sebagai Tenaga Kerja HPH Pada PT. Bukit Baiduri Enterprise Limbang Ganeca Di Kalimantan Timur. Tesis Pasca Sarjana Magister Ilmu Kehutanan UNMUL. Samarinda (tidak diterbitkan).

Hoffman, A. A., A. Heinrichs and F. Siegert. 1999. Fire Damage in East Kalimantan in 1997/1998 related to Land Use and Vegetation Classes : Satellite Radar Inventory Result and Proposal for further Action. IFFM-SFMP Report No. 1a and b, Samarinda (Eng & Ind).

Rahardjo. 1999. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Singarimbun, M. 1989. Metode Dan Prosedur Penelitian. Dalam Singarimbun, M dan Effendi, S. (Edisi Kedua) 1989. Metode Penelitian. LP3. Jakarta.

Tambunan, Hendry M. 2003. Keterlibatan Masyarakat Di Dalam Proyek Penghijauan DAK-DR Di Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi Sarjana Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda (tidak diterbitkan).




DOI: https://doi.org/10.31293/af.v18i2.4362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agrifor (Budidaya Agronomi dan Kehutanan) ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960