ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA AGROWISATA SAPI PERAH DI BERASTAGI

Dian Retno Intan, Wildani Lubis, Wahyuni Umami Harahap

Abstract


Agrowisata merupakan usaha diversifikasi dan peningkatan kualitas dari usaha tani, dimana pada usaha ini menekankan pada penjualan jasa kepada konsumen. Hal ini berarti dalam praktiknya pemilik akan memberikan fokus lebih banyak pada penyediaan layanan. Dalam memasarkan jasa khususnya, kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting, baik yang terlihat (tangible) maupun yang tidak (intangible). Agrowisata yang menjadi objek penelitian merupakan satu-satunya peternakan sapi perah di Sumatera Utara. Banyaknya pengalaman dan hal-hal lain yang ditawarkan oleh perusahaan ini membuat perusahaan dan pengelola harus secara ekstra menampilkan dan menyediakan layanan dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, perusahaan ini harus membuat strategi yang fokus pada kepuasaan konsumen, mempertahankan, dan menciptakan loyalitas konsumen melalui layanan yang diberikan. Populasi penelitian ini adalah wisatawan atau pengunjung Agrowisata Sapi Perah yang bertempat di Berastagi. Sampel ditentukan dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental dan didapat sampel sebanyak 75 orang wisatawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada pengunjung/ wisatawan yang berkunjung pada saat penelitian dilakukan (accidental sampling). Data yang didapat akan dianalisis menggunakan SEM (structural equation model) dengan menggunakan software PLS (partial least square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan agrowisata sapi perah terutama pada variable empati. Penelitian ini diharapkan mampu membantu pihak agrowisata meningkatkan kualitas layanan yang akan menciptakan kepuasan pengunjung.

Keywords


Agrowisata, sapi perah, kualitas layanan agrowisata

Full Text:

PDF

References


Alanazi, A. (2016). Factors that Affect and Enhance Customer Satisfaction. Journal of Research in Business and Management. Vol 4 No 9. Hal 80 – 88.

Carlson J. dan O’Cass A. 2010. Exploring The Relationships Between E-Service Quality, Satisfaction, Attitudes and Behaviounrs In Content-Driven E-Service Web Sites. Journal of Services Marketing. 24(2): 112 – 127.

Carmen, J.M. 2000. Patient Perceptions of Service Quality: Combining the Dimensions. Journal of Service Marketing. Vol 14 No 4. Hal. 337 –352.

Engeset, A. B., dan R. Heggem. 2015. Strategies in Norwegian Farm Tourism: Product Development, Challenges, and Solutions. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism. Vol 15 No 1. Hal 122 – 137.

Gandhy, A., M. Chang, dan S. Rahmi. 2019. Service Quality and Customer Satisfaction in Thermal Tourism. Junal Organisasi Dan Manajemen. Vol 15 No 2. Hal 153 – 165.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM. SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gronroos, C. 2001. The Perceived Service Quality Concept – A Mistake?”, Managing Service Quality: An International Journal. Vol 11 No 3. Hal. 150 – 152.

Gupta, A. dan I. Chen. 1995. Service Quality: Implications for Management Development. International Journal of Quality Management. Vol 12 No 7. Hal 28 – 35.

Indrayanti, T., Jamhari, Mulyo, J. H., & Masyhuri. (2019). The Analysis of Community Based Agrotourism Customer Satisfaction in Yogyakarta. Journal of Environmental Management and Tourism. Vol 10 No 8. Hal 1796 – 1806.

Karimah, M., A. Setiadi, dan Mukson. 2021. Analysis of Visitors’s Satisfaction on the Quality of Omah Salak Agro-Tourism Services. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Vol 15 No 1. Hal 85 – 99.

Lestari, B., D. Manumono, dan A. Ambarsari. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen

Agrowisata (Studi kasus di Wisata Agro Tambi PT Perkebunan Tambi Wonosobo. Jurnal MASEPI. Vol 1 No 1. Hal 1 – 17.

Lin, Y. C., M. L. Lin, dan Y. C. Chen. 2018. Examining the Impact of Tour Guides’ Professional Competences on Service Quality, Tourist Satisfaction and Repurchase Intentions towards Package Tour Products. Journal of Tourism and Hospitality Management. Vol 6 No 2. Hal 102 – 114.

Parasuraman, A dan V.A. Zeithaml 2001. Delivering Quality Service. Diterjemahkan oleh Sutanto.New York: The Free Press.

Santoso, H. 2006. Meningkatkan Kualitas Layanan Industri

Jasa melalui Pendekatan Integrasi Metoda SERVQUAL-Six Sigma atau

SERVQUAL-QFD. Jurnal J@ti Undip. Vol 1 No 1. Hal 85 – 106.

Wakefield, K.L. dan J. G. Blodgett. 1999. Customer Response to Intangible and Tangible Service Factors. Journal of Psychology & Marketing. Vol 16 No 1. Hal 51-68.




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v20i2.5720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani