ANALISIS PEMASARAN MARNING JAGUNG YOVI DI KELURAHAN DUSUN BANGKO KECAMATAN BANGKO KABUPATEN MERANGIN (Study Kasus Home Industri Pak Sapryamin)

Fikriman Fikriman, Alex Julianta, Asminar Asminar

Abstract


Marning jagung merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan dari jagung yang di jadikan makanan (snack) yang dikonsumsi setelah melalui proses pengolahan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemsaran yang dilakukan pada tiap lembaga pemasaran Marning Jagung dan menganalisis tingkat efsiensi pemasaran yang diterima masing-masing lembaga pemasaran Marning jagung Yovi di Kelurahan Dusun Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode study kasus (Case Study) dimana penelitian hanya dipusatkan pada objek tertentu dan kesimpulan diambil hanya akan akan berlaku pada objek yang diteliti yaitu tempat industri Marning jagung Yovi di Kelurahan Dusun Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin. Sedangkan untuk mengetahui lembaga pemasaran yang terlibat pada pemasaran marning jagung yaitu dengan menggunkan snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran.

Hasil penelitian menunjukan Saluran pemasaran marning jagung Yovi di Kelurahan Dusun Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin terdiri dari 3 saluran yaitu dimana saluran I: Produsen → Konsumen, saluran II: Produsen→ Pedagang Pengecer → Konsumen dan pada saluran III:  Produsen → Pedagang Grosir → Pedagang Pengecer → Konsumen. Pada fungsi pemasaran yang dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran marning jagung Yovi meliputi fungsi pertkaran, fungsi fisik dan fasilitas. Ketiga saluran pemasaran Marning Jagung Yovi Di Kelurahan Dusun Bangko Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin sudah efisienkarena pada saluran pemasaran I bersifat efisen dengan nilai EP 0%, Saluran pemasara II bersifat efisien dengan nilai EP 3,07% , dan pada saluran III juga bersifat efisien dengan nilai EP 7,23%.


Keywords


Efisiensi, Pemasaran, Marning Jagung.

Full Text:

PDF

References


Abhar, E., Isyaturriyadhah, I., & Fikriman, F. (2018). Analisis Pemasaran Kentang di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 2(1).

Abidin, 2006, Agronomi Tanaman pangan Jilid 1 : Teori Pertumbuhan dan Meningkatkan Hasil Padi. Padang: Lembaga Penelitian Pertanian 002E.

Ardiansyah, A., Susilawati, W., & Is, A. (2018). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Produksi Jagung Kecamatan Vii Koto Kabupaten Tebo. JAS (Jurnal Agri Sains), 2(1).

Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis(Agrimarketing). Bogor (ID): IPB

Budiman, H.2010. Sukses Bertanam Jagung Yang Menjanjikan, Bandung: Pustaka baru press.

Daniel, M, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Fikriman, F. (2017). Tranformasi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. JAS (Jurnal Agri Sains), 1(2).

Fikriman, F., Amri, S., & Susilawati, W. (2020). Peran Dana Desa dalam Pembangunan Pertanian di Desa Kapuk Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 4(1), 20-30.

Fikriman, F., Budiman, F. A., & Afrianto, E. (2020). Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pengeluaran Pangan Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin. JAS (Jurnal Agri Sains), 4(2), 149-161.

Iskandar, I., Is, A., & Fikriman, F. (2019). Analisis Pemasaran Telur Itik di Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo. AGRITURE (Journal Agribusiness Future), 1(2), 135-147.

Kotler. P. 1998. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mubyarto. 1994. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Suarni.2003.Jagung pulut: Pemanfaatan dan sumber pengolahan sebagai pangan lokal potensial di Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna Perteta dan LIPI. Bandung. p. 112-118.

Sudiyono, A. 2004.Pemasaran pertanian. Malang: UMM Press.

Susilawati, F. Z. U. W. (2020). ANALISIS NILAI TAMBAH DAN SALURAN PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG DI DUSUN PURWOBAKTI KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO (Study Kasus Agroindustri Keripik Pisang Sumber Rezeki). AGRITURE (Journal Agribusiness Future), 2(1), 30




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v21i1.5803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.