PENGGUNAAN ETANOL DAN METANOL SEBAGAI ATRAKTAN TERHADAP PENGGEREK BUAH KOPI (Hypothenemus hampei Ferr.) (Coleoptera:Scolytidae) DI DESA PARIKSABUNGAN KECAMATAN SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA

Shinta Kumala Dewi Sitohang, Darma Bakti, Ameilia Zuliyanti Siregar

Abstract


Hypothenemus hampei merupakan hama utama pada tanaman kopi yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tanaman kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis atraktan dan ketinggian perangkap yang efektif untuk mengendalikan PBKo di lapangan. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jenis atraktan (Etanol dan Metanol serta perbandingan kedua jenis atraktan) sedangkan faktor kedua adalah tinggi perangkap (0.5 m, 1 m, 1.5 m). Penelitian ini dilaksanakan di lapangan perkebunan kopi dan Identifikasi di Laboratorium Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan atraktan Etanol dan Metanol (1 : 4) terbaik dan berpengaruh nyata terhadap jumlah imago PBKo yang terperangkap. Ketinggian perangkap terbaik adalah pada 1 meter lalu diikuti 0,5 meter dan 1,5 meter dengan rataan masing-masing 1.37, 1.32 dan 1.22 ekor PBKo. Semua jenis atraktan yang di uji berpengaruh nyata untuk menarik imago PBKo, jenis atraktan terbaik adalah Etanol : Metanol (1:4) dengan ketinggian 1 meter.


Keywords


Atraktan, Hypothenemus hampei, ketinggian perangkap, kopi

Full Text:

PDF

References


Ashada, D. 2020. Mengenal Sigarar Utang Varietas Kopi yang Berasal dari Hutang. Portal Probolinggo.

Harni, R., Samsudin, W. Amaria, G. Indriati, F. Soesanthy, Khaerati, E. Taufiq, A. M. Hasibuan dan A. D. Hapsari. 2015. Teknologi Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Kopi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Hal: 3-4.

Hindayana, D., D. Judawi, D. Priharyanto, G. C. Luther, G. N. R. Purnayara, J. Mangan, K. Untung, M. Sianturi, R. Mundy, dan Riyanto. 2002. Musuh Alami, Hama dan Penyakit Tanaman Kopi. Proyek Pengendalian Hama Terpadu. Direktorat Perlindungan Perkebunan, Direktorat Bina Produksi Perkebunan, Departemen Pertanian. Jakarta. 52 hlm.

Jannah, E, M. 2017. Komposisi Spesies Parasitoid Hama Bubuk Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.). Fakultas Pertanian. Universitas Jember. Skripsi. Hal.5.

Kementerian Pertanian. 2016. Outlook Kopi Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Jakarta.

Manurung, N. 2010. Ekologi Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei) Pada Tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica) Di Kabupaten Pakpak Bharat. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara. Medan. Tesis. Hal.15.

Muliasari, A. A., Suwarto., dan N. Syamsir. 2016. Pengendalian Hama Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.) Pada Tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica L.) Di Kebun Rante Karua, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Proc. Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016.1:150-155.

Pradinata. B. 2016. Ketertarikan Serangga Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.) Terhadap Beberapa Warna Perangkap dan Sumbangsihnya Pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X MA/SMA. Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Palembang. Skripsi. Hal 16.

Riarmanto, A, K. 2016. Keanekaragaman dan Peranan Semut Pada Pertanaman Kopi di UB Forest, Malang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Sihaloho, M. R., 2019. Uji Ketinggian dan Perangkap Atraktan Untuk Mengendalikan Hama Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.) (Coleoptera : Scolytidae) di Tanjung Beringin Kabupaten Dairi. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sinaga, K. M., D. Bakti dan M. I. Pinem. 2015. Uji Ketinggian Dan Tipe Perangkap Untuk Mengendalikan Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.) (Coleoptera : Scolytidae) di Desa Pearung Kabupaten Humbang Hasundutan. J. Online Agroekoteknologi. 3(3):829-836.

Siregar, A. Z. 2016. Bio-ecology of H. hampei In Coffe Plantation in Sumbul and Sidikalang Districts, Northen of Sumatera, Indonesia. Int. J. Adv. Res. 4 (11) : 2051-2058.

Siregar, A. Z. dan Dewiyana, H. 2016. The Use of Traps to Detect Hypothenemus hampei in Coffee Plantation in Dairi, North of Sumatera, Indonesia. Int. J. Sci and Tech. Res. 5:217-220.

Situmorang, W. N., Marheni dan A. Z. Siregar. 2018. Uji Tipe dan Ketinggian Perangkap untuk Mengendalikan Penggerek Buah Kopi (Hypothenemus hampei Ferr.) (Coleoptera : Scolytidae) di Desa Pegagan Julu II Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi. Universitas Sumatera Utara. J. Pertanian Tropik. 5(1):113-119. ISSN: 2356-4725.




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v21i2.5986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani