ANALISIS KORELASI KERUSAKAN POHON, SERAPAN TIMBAL, BIOMASSA POHON, DAN TINGKAT KENYAMANAN PADA ALUN-ALUN KABUPATEN BLORA

Margaretha Ines Nawangsari, Alfred Jansen Sutrisno

Abstract


Analisis Korelasi Kerusakan Pohon, Serapan Timbal, Biomassa Pohon, dan Tingkat Kenyamanan Pada Alun-alun Kabupaten Blora. Alun-alun Blora merupakan fasilitas umum yang disediakan pemerintah kota. Memiliki peran penting dalam hal penyerapan polutan. Potensi pohon di alun-alun Blora diantaranya sebagai peneduh, penyerap gas-gas penyebab pencemaran udara. Namun saat ini, banyak pohon yang mengalami kerusakan. kerusakan yang terjadi di sebabkan oleh usia pohon, penyakit, gulma, cuaca, dan perilaku manusia. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kolerasi antara kerusakan pohon, serapan timbal, biomassa pohon, serta tingkat kenyamanan termal.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis pohon yang berada di alun-alun Blora, menganalisis keruskan pohon, menganalisis serapan timbal, menganalisis kandungan biomassa, dan mengukur kualitas termal, serta menganalisis kolerasi fungsi ekologis pohon dengan kerusakan. Metode yang digunakan adalah kemampuan analisis pohon dalam menyerap timbal, analisis biomassa, analisis Forest Health Monitoring (FHM), dan analisis Themal Humidity Index (THI), dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 190 pohon dari 7 jenis pohon. Dari hasil analisis FHM semua kategori pohon untuk kerusakan ringan terdapat 11 pohon, rusak sedang terdapat 155 pohon, dan rusak berat terdapat sebanyak 3 pohon.Hasil serapan timbal paling tinggi pada pohon glodokan tiang, dan hasil paling rendah pada pohon palem raja. Untuk nilai THI kategori nyaman/sebagian berada di bawah nanungan pohon tanjung dan nilai THI kategori tidak nyaman berada pada tanpa naungan, dan perkerasan. Terdapat korelasi yang kuat diantara biomassa, dan timbal dengan nilai korelasi 0,046 , kemudian antara FHM, dan THI dengan nilai korelasi 0,017.

 

Kata kunci : Fungsi ekologis, Fisik pohon, Pohon, Korelasi


Keywords


Fungsi ekologis, Fisik pohon, Pohon, Korelasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v21i2.6002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

Agrifor ISSN ONLINE APRIL 2016 : 2503-4960

Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.