ANALISIS STRATEGI PROGRAM PASCATAMBANG PETERNAKAN SAPI PADA LAHAN BEKAS TAMBANG PT KITADIN SITE EMBALUT

Eko Budi Prasetyo, Marlon Ivanhoe Aipassa, Taufan Purwokusumaning Daru, Gina Saptiani, Salaho Dina Devy, Kiswanto Kiswanto, Yosep Ruslim, Feby Kristina

Abstract


Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi jenis-jenis program pascatambang peternakan sapi yang telah dilakukan oleh PT Kitadin serta untuk mengetahui kemajuan kegiatan program pascatambang peternakan sapi yang telah dilakukan oleh PT Kitadin. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka melaksanakan program pascatambang peternakan sapi dan bagaimana strategi pengembangan program peternakan sapi yang dilakukan oleh PT Kitadin. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni observasi/kunjungan lapangan langsung, wawancara dan study pustaka. Dalam pengolahan data yang telah diperoleh dilakukan dengan cara membandingkan pelaksanaan program tersebut dengan dokumen program rencana pascatambang dan melakukan evaluasi terkait pengembangan peternakan sapi yang telah di lakukan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan program pascatambang peternakan sapi di lahan bekas tambang khususnya di Pit S12 GS telah sesuai dengan dokumen perubahan program rencana pascatambang PT Kitadin tahun 2020 dari segi program dan jadwal pelaksanaan, rencana luasan area, serta rencana peruntukannya. Adapun terkait Startegi pengembangan peternakan sapi di lahan bekas tambang khususnya Pit S12 GS yang dilakukan oleh PT Kitadin apabila dilihat dari aspek pemilihan lokasi, topografi, daya dukung tanah, ketersediaan pakan ternak, dan sumber air minum ternak telah memadai dan sesuai dengan peruntukannya, tetapi bila didasarkan pada daya tampung, maka luas lahan yang disediakan untuk program pascatambang peternakan sapi belum memadai yakni hanya mampu menampung sebanyak 620 ekor sapi Bali dari rencana maksimal sebanyak 1.600 ekor sapi Bali.


Keywords


Evaluasi Program, , peternakan sapi, pascatambang, strategi pengembangan

Full Text:

PDF

References


Daru, T.P. 2020. Membangun Peternakan Sapi Potong Di Lahan Pascatambang.Sleman,Yogyakarta. Deepublish.

Haryadi S. 2018. Kajian Teknis Tahapan Penambangan Batubara Pada PT. Mega Global Energy Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Tenggarong. Jurnal Geologi Pertambangan.

Heru Y.P, Muhtarudin, dan Rudy S. 2015. Potensi Pengembangan Peternakan Sapi Potong di kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu.

Kementerian ESDM RI. 2020. Undang-Undang nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan undang-undang nomor 4 tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jendral

.

PT Kitadin site Embalut. 2020. Dokumen Perubahan Rencana Pascatambang. Tenggarong.

PT Kitadin site Embalut. 2019. Dokumen Study kelayakan. Tenggarong.

Sandi. 2018. Manajemen Pakan Ternak Sapi Potong di Peternakan Rakyat di Desa Sejaro Sakti Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Sumatra Selatan. Jurnal Peternakan Sriwijaya.

Reksohadiprodjo, S.1985. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropika. BPFE, Yogyakarta.

Supriyono, Paus I, dan Eri B. 2015. Kajian Dampak Penambangan Batubara Terhadap Kualitas Air dan Arahan Kebijakan Mitigasi Sungai di Sub DAS Hilir Sungai Bengkulu. Bengkulu. Jurnal Geografi Universitas negeri Padang.

Susanti Y. 2014. Pengembangan peternakan sapi potong untuk peningkatan perekonomian Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Gribisnis Indonesia.

Syafrianto, M. K. 2016. Lahan Bekas Tambang Batubara Di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Sebagai Lahan Perkebunan. Jurnal untan 16(1).




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v22i2.6816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani