PENGARUH NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS CABAI MERAH (Capsicum annuum L.).

Abdul Syamad Ramayana, Bambang Supriyanto, Hadi Pranoto, Susylowati Susylowati, Arip Nurahman

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui interaksi naungan terhadap pertumbuhan dan hasil tiga varietas cabai merah, mengetahui naungan yang dapat memberikan pertumbuhan dan hasil varietas cabe merah terbaik, dan mengetahui varietas cabe merah yang memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik.

Penelitian telah dilaksanakan dari bulan Juni sampai Oktober 2019 di Jl Sambaliung, Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur.

Penelitian ini disusun dalam Rancangan Petak Terbagi/Split Plot Design 3x5 yang diulang sebanyak 5 kali.  Sebagai petak utama adalah perlakuan naungan (N) yang terdiri dari 3 taraf yaitu, 0%, 25 %, dan 50 %, serta sebagai anak petak adalah perlakuan varietas (V) yang terdiri dari 3 taraf yaitu, Darmais F1, Astina F1 dan Tanaka F1. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam. Apabila terdapat pengaruh nyata maka untuk membandingkan antara rata-rata dua pelakuan dilanjutkan dengan uji BNT 5 %.

Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara perlakuan naungan dan varietas cabai merah, perlakuan naungan berpengaruh tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan, begitu juga dengan perlakuan varietas berpengaruh tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan.


Keywords


Naungan, Pertumbuhan, Hasil, Varietas, Cabai Merah

Full Text:

PDF

References


Ashari, S. (2006). Hortikultura Aspek Budidaya. Jakarta: Universitas Indonesia.

Atman. (2008). Teknologi Budidaya Kacang Hijau di Lahan Sawah. Ilmiah Tambua. vol. 7. no. 1, Hal: 89-95.

Badan Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementerian Pertanian RI. (2019). Laporan Tahunan 2019

Dewi, N. A., Widaryanto, E. dan Heddy, Y. B. S. (2017). Pengaruh Naungan pada Pertumbuhan dan Hasil Tiga Varietas Caba Rawit (Capsicum frutescens L.). Jurnal Produksi Tanaman. vol. 5. no. 11. Hal: 1755-1761.

Dinas Pertanian dan Hortikultura. (2016). Laporan Tahun 2016. Samarinda.

Food and Agriculture Organization. (2008). Fishery and Aquaculture Circular No. 1034: A Review On Culture, Production and Use of Spirulina as Food for Humans and Feeds For Domestic Animal and Fish.

Gardner, F. P., Pearce, R. B. dan Mitchell, R. L. (1991). Fisiologi Tanaman Budidaya. Terjemahan Herawati Susilo. Jakarta: UI Press.

Gomez, K. A. dan Gomez, A. A. 1995. Prosedur Statistik Untuk Penelitian Pertanian Terjemahan E. Syamsudin dan J.S Baharsjah. Jakarta: UI Press.

Harpenas, A dan Dermawan, R. (2010). Budidaya Cabai unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Haryadi, S.S.M.M. (2010). Pengantar Agronomi. Jakarta: Gramedia.

Jumin, H. (2008). Dasar-Dasar Agronomi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Jumin, H.B. (2010). Dasar-Dasar Agronomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Makmur, A. (2011). Pengantar Pemuliaan Tanaman. Jakarta: Bina Aksara.

Nuhraheni, M dan Hera, W. (2005). Diversifikasi Cabai Merah Kering Sebagai Alternatif Penanganan Pasca Panen Cabai Di Bawah Naungan Untuk Menekan Serangan Hama Dan Penyakit.

Parsons, A dan D. Chapman, D. (2000). The Principle of Pasture Growth and Utilization. In: A Hopkins (Editor). Grass its Production and Utilization. Ed 3rd. Blackwell Science Institute of Grassland and Environment Research. Okehampton Devon.

Puttileihalat, M. (2001). Pengaruh Rootone-F dan Ukuran Diameter Stek Terhadap Pertumbuhan Tunas dari Stek Pulai Gading (Alstonia scholaris, R.Br). jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Ambon.

Rostini, N. (2011). Enam Jurus Bertanam Cabai Bebas Hama dan Penyakit. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Sadjad, S. (2010). Bahan Kuliah Agronomi Umum. Departemen Agronomi Fakultas Pertanian, IPB Bogor.

Schmidt, F. H. dan Ferguson, J. H. A. (1951). Rainfall Types Based On Wet and Dry Period Rations for Indonesia with Western New Guinea. Jakarta: Kementerian Perhubungan Meteorologi dan Geofisika.

Steel, R. G. D. dan Torrie, J. H. 1993. Prinsip dan Prosedur Statistik Suatu Pendekatan Biometrik. Jakarta: Gramedia.

Wudianto, R. dan Adisarwanto, T. (1999). Meningkatkan Hasil Panen Kedelai di Lahan Sawah-Kering-Pasang Surut. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.31293/agrifor.v23i1.7246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan

link ke situs budidaya tani

 Creative Commons License
AGRIFOR : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs web mitra usaha tani