KINERJA PEGAWAI DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN UMUM DI DESA SEKERAT KECAMATAN BENGOLAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Marsuq Armadin

Abstract


Dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat Desa guna perwujudan kesejahteraan umum sesuai dengan kewenangan Desa, olehnya itu pemerintah memandang perlu menetapkan Standar Pelayanan Minimal Desa yaitu Peraturan Mentri Dalam Negreri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Satandar Pelayanan Minimal Desa. Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan desa yang terpenting adalah bagaimana pemerintahan desa mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat desa, dan mampu meningkatkan daya saing desanya. Olehnya itu, penulis memilih titik fokus penelitian yaitu apakah ada pengaruh positif dan signifikan Kinerja Pegawai dalam Optimalisasi Pelayanan Umum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan lokasi penelitian berada di Desa Sekerat Kecamatan Bengolan Kabupaten Kutai Timur yang telah dilakukan selama bulan Januari dan Fenruari 2017. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden yang dipilih dari seluruh pegawai pada kantor desa yaitu 11 orang, dan sebagian masyarakat sebanyak 19 orang. Sebagai kesimpulan dari hasil perhitungan regresi diperoleh nilai koefisien regresi kinerja pegawai sebesar 0,541, selain itu sig 0,000< 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa  variabel disiplin kerja mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.Hasil pengujian uji t (parsial) variabel kinerja pegawai terhadap variabel optimalisasi pelayanan menunjukkan nilai t-hitung 6,570 lebih besar dibandingkan t-tabel 2,042 dan nilai sig 0,000 yang jauh lebih kecil dari 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa berpengaruh signifikan kinerja pegawai dengan optimalisasi pelayanan umum  pada Kantor Desa Sekerat kabupaten Kutai Timur. Adapuan sebagai saran, terkhusus kepada pemerintah Desa Sekerat agar tetap menjaga dinamisasi antar sesama pegawai dan warganya serta saling mendukung (mensupport); bahu membahu atau menerapkan kerja kolektif kolegial sehingga pelayanan umum di kantor desa dapat berjalan dengan baik.

 


Keywords


Kinerja Pegawai, Optimalisasi Pelayanan, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Ghozali, Imam. 2012. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilyas, Y. 1999. Kinerja: Teori Penilaian dan Penelitian. FKM UI.IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Lendo, Ranny. 2015.Kinerja Aparat Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Wuwuk Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Studi Tentang Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu).ejournal.unsrat.ac.id diaksek 10 Oktober 2016.

Moenir. H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Mangkuprawira, Syafri dan Hubeis, Aida Vitalaya. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia.Bogor: Galia Indonesia.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Paramitha, Linda Muchacha; Domai, Tjahjanulin; Suwondo. 2013. Kinerja Aparat Pemerintah Desa Dalam Rangka Otonomi Desa (Studi Di Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan). Jurnal Adminitrasi Publik (Jap),Vol.1, No. 4.

Peraturan Mentri Dalam Negreri Nomor 2 Tahun 2017 tentang Satandar Pelayanan Minimal Desa.

Permendagri nomor 3 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah

Sinambela, Poltak Lijan. 2011. Reformasi Pelayanan publik (Teori, kebijakan dan implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmanto, 2009. Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Siregar, Sifoan. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manusal dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia group.

Sugiono. 2013. Metode Pneelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-19. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiono. 2014. Metode Pneelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-20. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, Fandi 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: ANDI.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada:

Widodo, Joko. 2005. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Malang: Bayumedia Publishing

Widjaja, HAW. 2003. Pemerintahan Desa/Marga.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yulius, Saka. 2014. Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Bagian Sekretariat Di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.