PENGARUH KEPEMIMPIAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA

H Maskan Maiyashi Depiyani

Abstract


Maiyashi Depiyani NPM. 13.11.10013509.051 dengan judul Pengaruh Kepemimpinan
Camat dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pada Kantor Kecamatan Sungai
Kunjang Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
kepemimpinan camat dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di Kantor
Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda?.
Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 37 responden karyawan yang dijadikan
sampel dalam pengembangan pelayanan administrasi di Kantor Wilayah Sungai Kunjang
Samarinda. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Regresi Linier Sederhana dengan
menggunakan program SPSS (Statistical Package For Social Science) untuk windows versi
21.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada konstitusi
Camat pelayanan administrasi di Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda Pada bagian
pengembangan pelayanan administrasi di Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda setelah
hasil korelasi persial di dapat nilai r hitung sebesar 0,567. Memiliki nilai positif sehingga bisa
dikatakan bahwa pola hubungan antara pimpinan camat dengan pelayanan administrasi
bersifat searah, yaitu semakin tinggi kepemimpinan camat akan semakin tinggi pelayanan
administrasi, dan sebaliknya, semakin rendah pimpinan camat. Lemahnya pelayanan
administrasi. Koefisien determinasi (KD) menunjukkan nilai 0,567 atau sama dengan 56,70%
(pada putaran 60%) dari hasil (r ² x 100%). Ini berarti bahwa variasi perubahan
kepemimpinan kecamatan dapat mempengaruhi pelayanan administrasi sebesar 60% dan
sisanya 40% dipengaruhi oleh faktor selain kepemimpinan.

Keywords


Kepemimpinan dan Pelayanan Administrasi

Full Text:

PDF

References


Arifin Abdurrachman. 1979. Pokok-Pokok Management Umum.Ichtiar Baru Van Hoeve,

Jakarta.

Doko1992. Kinerja Karyawan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE

Gibson & Ivan ceviche Donnely. 1994. Organisasi dan manajemen. Perilaku, struktur, proses.

Edisikeempat. Jakarta: Erlangga.

H. Siagian. 1977. Management Suatu Pengantar. Alumni, Bandung

Kartini Kartono. 1980. Metedelogi Research Sosial.Alumni, Bandung.

Kartini Kartono. 1991. Psikologi Sosial Untuk Manajemen. Rajawali Press,Jakarta

Kartini Kartono.2010. pengertian kepemimpianan & pemimpin organisasi Jakarta: Salemba

Empat.

Liang Gie, (12;2001). Pelayanan administrasi, stimologis, arti sepit, & luas. Yogyakarta:

BPFE.

LAN.2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pusat Kajian Kinerja

Kelembagaan.

Masri Singa rimbun dan Sofian Effendi. 1984. Metode Penelitian Survai.LP3ES, Jakarta.

Pasolong ,walyu 2007 pelayanan administrasi. New York: McGraw-hill.

Simamora, Bilson.2003.Pelayanan publik.Jakarta :Gramedia Pustaka.

Tim dosen administrasi IKIP Malang.Pegawai dan Administrasi, 1990, Malang.

Winardi, 2000, Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadriyansah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik Konsep. Dimensi, Indikator, dan

Implementasinya. Yogyakarta: Gajah Mada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.