PERANAN PROGRAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEGAWAI PADA BAGIAN OTONOMI DAERAH SEKRETARIAT KABUPATEN KUTAI TIMUR

Ahmad Jubaidi Nur Haini

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menggambarkan peranan program pengembangan sumberdaya manusia terhadap peningkatan kemampuan pegawai pada bagian Otonomi Daerah Sekretariat Kabupaten Kutai Timur.

Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi, diperoleh R Square atau r2 sebesar 45%. Sehingga berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh program pengembangan sumber daya manusia terhadap kemampuan pegawai pada Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar 45%, dan sebesar 55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Maknanya adalah bahwa sebesar 45% kemampuan kerja pegawai di pengaruhi oleh faktor program pengembangan sumberdaya manusia dan sebesar 55%  kemampuan pegawai dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisa data diperoleh harga rs hitung sebesar 0,770.  Jika  dibandingkan dengan harga table rs (harga kritis rs) sebesar 0,456 untuk N = 14 pada tingkat kepercayaan 95%. yaitu : rhit 0,770 > r tab = 0.456 untuk N = 14. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima bahwa program pengembangan sumberdaya manusia berperan terhadap peningkatan kemampuan pegawai pada bagian Otonomi Daerah Sekretariat Kabupaten Kutai Timur.


Keywords


human resources developmen, ability

Full Text:

doc

References


Bambang Swasto, 1996. Pengembangan Sumber Daya Manusia : Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan, FIA-UNIBRAW, Malang.

Bambang Swasto, 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, FIA-UNIBRAW, Malang.

Fathoni, Abdurrahman, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Diklat Teknis Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta.

S.P. Hasibuan, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Leonard Nadler, 1990. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Erlangga, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2003, Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Reflika Diatama.

Moekijat, 2000, Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung : Mandar Maju.

Nanda, 2014. Hubungan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Bagian Biro Umum Di Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi Fisipol Untag 1945 Samarinda.

Notoatmodjo, Prof. Dr. Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta.

Robert L. Mathis and John H. Jackson, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerjemah : Jimmy Sadeli & Bayu Prawira Hie, Salemba Empat, Jakarta.

Sondang P. Siagian, 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.