PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN SANDARAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh disiplin kerja pegawai terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi produci moment diperoleh rhit = 0,542, hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 37 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,325. Dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,542 > rtab = 0,325. hal ini berarti bahwa terdapat hubungan dalam arti pengaruh yang positif antara variabel disiplin kerja pegawai dengan variabel kualitas pelayanan. pada kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur.
Berdasarkan perhitungan hasil uji-t adalah sebesar 3,817, hasil perhitungan ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 3,817 > ttab = 1,690 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 35 (37 – 2 = 35). maknanya adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel disiplin kerja pegawai terhadap variabel peningkatan kualitas pelayanan.
Keywords
Full Text:
docReferences
Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Gunung Agung, Jakrta.
Handoko, T. Hani, 2008, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, edisi kedua, Penerbit : BPFE, Yogyakarta
H. Nainggolan, 1984, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan ke tujuh.
Hasibuan Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta
Manullang, M, 2001, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sastrohadirwiryo, Siswanto, 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administrasi dan Operasional), Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Siagian P. Sondang, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Sinambela, Dr. Lijan Poltak, M.M., M.Pd., dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. 2008. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Siswanto, Sastrohadiwiryo, B 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Soejono,1997. Disiplin Kerja Karyawan, Penertbit Offside. Jakarta
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Negara. Penerbit Alfabet, Bandung.
Prayudi Admosudirdjo, 1983, Researcht Suatu Pengantar Ilmiah, CV. Tarsito, Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.