PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR LURAH BUKUAN

Fl. Sudiran Tintin Istiakroh

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh sebab akibat antara komunikasidalam meningkatkan pelayanan primapada Kantor Lurah Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Oleh karena itu peneliti merumuskan hipotesis dalam penelitian ini sebagai berikut :“Jika komunikasi terjalin baik maka Pelayanan Prima di kantor Lurah Bukuan cenderung meningkat pula”.

Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif, dimana variabel yang diteliti yaitu :komunikasi sebagai independent variable dan pelayanan prima sebagai dependent variable. Untuk mendapatkan data tersebut digunakan teknik kuesioner yang disampaikan kepada 25 (dua puluh lima) responden.

Dari penelitian diketahui bahwa indikator-indikator pada variabel komunikasi berjalan baik dengan tingkat pilihan terbesar b (benar) sebesar 75,2%, pilihan c (cukup benar) sebesar 14,4% dan yang terkecil pada pilihan a (sangat benar) sebesar 13%. Sedangkan indikator-indikator pada variabel pelayanan prima telah dirasakan pula dengan tingkat pilihan yang terbesar pada pilihan b (benar) sebesar 76,8%, kemudian c (cukup benar) sebesar 15,2%, lalu diikuti  pada pilihan a (sangat benar) sebesar 7,2%, dan yang terkecil adalah pilihan d (kurang benar) sebesar 4%. Adapun hubungan sebab akibat komunikasi terhadap pelayanan prima dengan rumus regresi linear adalah Y = 8,885 + 0,537X, yang menyatakan bahwa setiap perubahan 1 nilai komunikasi atau (x), maka nilai pelayanan prima bertambah sebesar 0,537 dari nilai konstantanya (8.885), dengan nilai koefisien determinasi (Kd) sebesar 34,68% yang termasuk dalam korelasi rendah.


Keywords


komunikasi, pelayanan prima.

Full Text:

doc

References


Anwar Arifin. 1998. Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atep, Adya Barata. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Bovee, Courtland L., and John V. Thill. 2002. Komunikasi Bisnis. Edisi keenam. PT. Prehallindo. Jakarta.

Budi Wiyoto.2005. Implementasi Kebijakan Publik. Griya Pustaka. Bandung.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

E, Juhana Wijaya. 2001,Pelayanan Prima. CV.ARMICO. Bandung.

Effendy, 2007 Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Mandar Maju. Bandung.

Effendy, 2008, Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek), Edisi Revisi. Mandar Maju. Bandung.

Hadi, Sutrisno, 2000, Metodologi Research untuk Penelitian Paper, Skripsi, Thesis, Desertasi. Fakultas Psikologi Universitas Gajahmada, Yogyakarta.

Hakim, Abdul, dan Srikandi Kumadji, 1996.Pengantar Statistika. Citra Media. Surabaya.

Hasibuan, Malayu S. P. 2001. Dasar-Dasar Perbankan.PT Bumi Aksara. Jakarta.

Kasmir.2011. Etika Customer Service. Rajawali Pers. Jakarta.

Kenneth N Wexley,.dan Gary A. Yukl. 2003. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia (terj: Muh. Sobaruddin). Rineka Cipta. Jakarta.

Koentjaraningrat, 1982, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, PT. Gramedia. Jakarta.

Ludlow, Ron and Panton, Fergus. 1992. The Essence of Effective Communication. New York.

Mamduh, M.Hanafi. 1997. Manajemen.YKPN.Yogyakarta.

Muhammad, Arni. 2001. Komunikasi Bisnis. cetakan tiga. PT. Elex Media Computindo. Jakarta.

Muhammad, Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.Jakarta.

Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.Jakarta.

Nasir, Mohammad. 2003. Metodologi Penelitian. Cetakan Keempat.Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nurhasyim. 2004. Pengembangan Model Pelayanan Haji Departemen Agama Berdasarkan Prinsip Reinventing Government Yang Berorientasi Pada Pelanggan di Kabupaten Gresik. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Surabaya.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi. Edisi bahasa Indonesia. PT. Prehallindo. Jakarta.

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Tarsito. Bandung.

Siagian. P. Sondang. 1985. Manajemen Sumber Daya Manusia. Aksara Baru. Bandung.

Singarimbun,Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. PT Pustaka LP3ES Indonesia. Jakarta.

Soekanto, Soerjono, 2002, Teori Peranan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudjana.1996 Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi.Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Administasi.Alfabeta. Bandung.

Surachmad, Winarno. 1982.Research Pengantar Metodologi Ilmiah. CV. Tarsito. Bandung.

Surachmad, Winarno. 1991.Research Pengantar Metodologi Ilmiah. CV. Tarsito. Bandung.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi.Agung Media. Bandung.

Wursanto, Ig. 2003. Etika Komunikasi Kantor. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.