Efektivitas Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda)

Eny Wulaningsih Rahayu Putra

Abstract


Wulaningsih Rahayu Putra, Efektivitas Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Mugni Baharuddin,MH Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti,M.Si. Selaku Dosen Pembimbing II

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Ekektifitas Kerja Pegawai dalam Meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda, dan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaanya. Dalam penelitian ini terdapat beberapa penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan pasal 4 UU No.25 tahun 2009 yaitu Transparansi, Akuntabilitas dan Ketepatan waktu serta teori dari pengukuran efektivitas kerja yaitu Produktivitas Kerja dan Kepuasan Kerja.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana Efektivitas Kerja Pegawai dalam proses pelayanan public yang dilaksanakan di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman (dalam Sugiyono) tahun (2014: 405-412), dimana analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan melakukan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep).

Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Efektivitas Kerja Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda khususnya yang berhubungan dengan produktivitas kerja yang dihasilkan para pegawai dalam memberikan pelayanan publik masih terdapat beberapa kendala. Hal tersebut terjadi karena hanya ada beberapa pegawai saja yang mampu menguasai atau menggunakan computerisasi, dan dalam pelaksanaannya juga seringkali terjadi keterlambatan waktu penyelesaian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan dalam kepuasan kerja, transparansi dan akuntabilitas serta ketepatan waktu yang diberikan pegawai terhadap masyarakat dalam memberikan peleyanaan publik telah dilaksanakan secara baik dan berjalan dengan lancar.

 

ABSTRACT

Eny Wulaningsih Rahayu Putra, Effectiveness of Employee in Improving Public Service at Rawa Makmur Sub-District Office Palaran Sub-district of Samarinda City, under the guidance of Dr.H.Mugni Baharuddin, MH As Advisor Lecturer I and Mrs. Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si. As Supervisor II.

This study aims to find and describe Employee Employee Effectiveness in Improving public service in Rawa Makmur Village, Palaran Subdistrict, Samarinda City, and to describe and explain any constraints faced in the implementation. In this study there are several public service provisions in accordance with Article 4 of Law No.25 of 2009 that is Transparency, Accountability and Timeliness and the theory of work effectiveness measurement of Work Productivity and Job Satisfaction.

This research is qualitative descriptive with the aim of describing and describing how the effectiveness of Employee in the process of public service carried out in Rawa Makmur Village Sub Palaran Kota Samarinda. The data analysis used is interactive data model analysis proposed by Miles, Huberman (in Sugiyono) year (2014: 405-412), where the data analysis consists of data collection, data reduction, data presentation and conclusion. This research uses the technique of collecting secondary data by doing library research and other secondary data sources and doing direct research to field to get primary data through deep interview (indeep interview).

From the results of research conducted, shows that the Effectiveness of Employees in Public Service in Rawa Makmur Village District Palaran Samarinda City, especially associated with the productivity of work generated by employees in providing public services there are still some obstacles. This happens because there are only a few employees who are able to master or use computerization, and in the implementation is also often a delay in completion time required by the community. While in job satisfaction, transparency and accountability and timeliness given by employees to the public in providing public funding has been implemented well and running smoothly.

.

Keywords: Employee Effectiveness, Improving public service.



Keywords


Keywords: Employee Effectiveness, Improving public service.

Full Text:

doc

References


Agus Sugiarto & Teguh Wahyono. (2005). Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta : Gava Media

Aziz Kurniardi. (2011). Sistem Penyimppanan Arsip Dinamis Pada kantor Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY

Badri Munir Sukoco. (2012). ManajemenAdministrasi Perkantoran Modern. Jakarta : Erlangga

Basir Barthos. (2007). Manajemen Kearsipan. Jakarta : PT Bumi Aksara Boedi Martono. (2010). Penyusutan dan Pengamanan Arsip Vital dalam

Manajemen Kearsipan. Jakarta : PUSTAKA SINAR HARAPAN

Burhanudin Dwi Rokhmatun. (2013). Profesi Kearsipan. Yogyakarta : UGM

Dorotul Yatimah. (2009). Kesekretarisan Modern dan Administrasi Perkantoran. Bandung : Pustaka Setia

Hadi Abubakar. (2001). Pola Kearsipan Modern Sistem Kartu Kendali.

Jakarta : Djamnatan

Ida Nuraida. (2012). Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius

Lexy J. Moleong. (2000). Metodelogi Penelitaian Kualitatif. Bandung : PT RemajaRosdakarya

Mareta Merliana. (2013). Pengelolaan Arsip Dinamis di Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY

Maulana M.N. (2006). Administrasi Kearsipan. Jakarta : BHRATARA

Sularso Mulyono. (2005). Dasar-dasar Kearsipan. Yogyakarta : LIBERTY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.