STUDI TENTANG PENINGKATAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT TELEN KABUPATEN KUTAI TIMUR

Aji Raden Andre

Abstract


Aji Raden Andre. Studi Tentang Peningkatan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Telen Kabupaten Kutai Timur. Drs. H. Maskan AF, M.Si, pembimbingI dan Bapak H. Marsuq, M. Sipembimbing II

Kabupaten Kutai Timur sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem pemerintaha otonomi Daerah memiliki hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat Kota Samarinda sesuai peraturan perundang-undangan. Daerah Otonom merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kecamatan menjadi wilayah kerja Camat sebagai satuan kerja perangkat daerah Kota Samarinda. Kecamatan dipimpin oleh camat sebagai pimpinan dan koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kerja Kecamatan di lingkungan Pemerintahan yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan kewenangan pemerintahan dari Kepala Daerah untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah atas kegiatan yang ditujukan untuk kepentingan publik atau masyarakat. Tugas pokok aparatur pemerintah pada hakikatnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disiplin kerja pegawai negeri sipil merupakan sikap atau tingkah laku yang menunjukkan kesetiaan dan ketaatan seseorang atau sekelompok orang terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi atau organisasinya baik yang tertulis maupun tidak tertulis sehingga diharapkan pekerjaan yang dilakukan efektif dan efesien.

Dari hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab-bab terdahulu, maka dapat disimpulkan bahwa gambaran secara menyeluruh ada terdapat hubungan meskipun rendah antara disiplin kerja terhadap pelayanan publik di Kantor Kecamatan Telen Kabupaten Kutai Timur. Hal ini dibuktikan dengan antara variabel Adapun kesimpulan hasil angka yang diperoleh adalah Disiplin Kerja (Variabel X) = 1.340, Pelayanan Publik (Variabel Y) = 1.330, X2=36.057, Y2=35.492, XY = 35.642. Adapun hasil perhitungan rxy= 0.465, adapun angka 0.465berada pada interval koefisien 0,40-0,599 dengan tingkat hubungan “cukup kuat”.

Untuk melihat berapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap pelayanan publik maka digunakan uji determinasi dengan hasil 0.42.  adapun thitung diperoleh dengan jumlah 4.075 dan ttabel= 48atau 2,79162.


Keywords


Disiplin Kerja, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Arikunto Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

A.S. Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Aksara, 2001.

Batinggi, Ahmad, Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Faisal, Sanapiah, Format – format Penelitian Sosial Dasar–dasar dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2002.

Handoko, T. Hani, Manajemen, Yogyakarta : BPFE. 2003.

Inu Kencana Syafiie dkk, Ilmu Administrasi Publik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Aturan Mengenai Pelayanan Publik.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Pedhazur, Fred N. Kelinger, Elazar J. Korelasi dan Analisa Regresi Ganda, Semarang: Nurcahaya, 2007.

Ranupandojo, Heidjrachman dan Suad Husnan, Manajemen Personalia, Jakarta: BPFE, 2001.

Ranupandojo, Heidjrachman, Tanya Jawab Manajemen. Yogyakarta: AMP YKPN. 2005.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif Dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Sinambela. Lijan Poltak, Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Singarimbun, Metode Survey Penelitian, Jakarta: LP3ES, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV. Alfabeta, 2005.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.