ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BCA DI KANTOR CABANG PEMBANTU WAHID HASYIM KOTA SAMARINDA

Nani Sofiani

Abstract


AnalisisPelayanan Terhadap Kepuasan  Nasabah Bank BCA  Di  KantorCabangPembantuWahidHasyimKotaSamarinda. Dra. Hj. Nanik Pujiastuti M.Si, selaku Pembimbing I dan Suhardiman, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.

Visi Bank BCA adalah Bank Pilihan Utama Andalan Masyarakat Yang Berperan Sebagai Pilar Penting Perekonomian Indonesia. Bank dipandang dari segi usaha yang tidak lepas dari kebijakan pemasaran yang merupakan faktor yang sangat menentukan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan memerlukan penanganan dan perhatian yang serius. Usaha-saha perbankan yang dilakukan oleh bank, baik oleh bank pemerintah maupun bank swasta mengarah kepada persaingan pengembangan nasabah, menarik nasabah serta mendapatkan kepercayaan mayarakat, merupakan point bagi kredibilitas bank dari berbagai bidang.

Bank termasuk perusahaan industri jasa karena produknya hanya memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat .Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan / atau bentuk-bentuklainnyadalamrangkameningkatkantarafhidup  rakyatbanyak. Dalammenjalankan fungsinya, bank dalammenyalurkandana yang diperolehnyaharusmenggunakanpertimbangan yang matang agar dana yang disalurkanmampumenciptakanpendapatanmaksimalbagi bank khususnyadanmasyarakatpadaumumnya.

Nasabahmerupakan asset pentingbagisuatuperusahaankarenadarinasabah bank akanmendapatkankeuntungan, dengandemikian bank harusmampumenjagadanmempertahankankonsumennya. Terdapatbanyakstrategi yang dapat di lakukan bank agar mampumempertahankannasabahnya.

Berdasarkan analisis bertujuan untuk meningkatkan kepuasan nasabah maka pihak PT Bank BCA Cabang Kota Samarinda harus meningkatkan kinerja pada atribut prosedur kerja pelayanan, kecepatan transaksi, bersikap adil dalam melayani, penawaran suku bunga, dan kegiatan pemberian hadiah atau undian hal ini disebabkan  atribut-atribut  ini dianggap penting namun pelaksanaannya masih dirasakan kurang oleh nasabah.

 


Keywords


Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank BCA

Full Text:

doc

References


Anonim, 2009. Top 10 Bank”s Service Excellence 2008-2009, Jakarta : Info Bank

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Bank BCA Cabang Bukit Barisan Medan, 2010. Laporan Bulanan Jumlah Nasabah

Bank BCA Cabang Bukit Barisan, Medan : Tidak dipublikasi Engel, James F, Roger D, Blackwell, Paul W, 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, Jilid 1 dan 2, Jakarta : Binarupa Aksara

Harris, G, 2002. 101 Cara Mempromosikan Bisnis, Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Irawan, H, 2004. Indonesian Customer Satisfaction : Membedah Stategi Kepuasan

Pelanggan Merek Pemenang ICSA, Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Irawan, H, 2006. Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia, Jakarta : Info

Bank Bulan Mei

Jusuf, J, 1997. Panduan Dasar untuk Account Officer. Edisi II, Yokyakarta : Akademi

Kasali, R, 1998. Food and Agribussiness in Indonesian, Jakarta : McHill

Kasmir, 2003. Pemasaran Bank, Jakarta : PT Kencana

Kotler, P, 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Milenium, Jakarta : PT

Prenhallindo

Massnick, F, 1997. The Customer is CEO, How to Measure What Your Customer Want and Make Sure They Get it, New York : American Management Assosiation

Nazir, M, 1997. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia

Rachmadi, U, 2001. Aspek-Aspek Hukum Perbankan di Indonesia, Jakarta : PT Gramedia

Rangkuti, F, 1999. AnalisisSWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta : PT

Gramedia Pustaka Utama

Simamora, B, 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Santoso, S, 2005. Menggunakan SPSS dan Excell untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen, Jakarta : PT Elex Komputindo Gramedia

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta

Tangkillisan, S, 2003. Mengelola Kredit Berbasis Good Corporate Government,

Yokyakarta : Balairung & Co

Umar, H, 2000. Riset Pasar, Strategi Perusahaan, Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama

Produk Undang-Undang

Undang-Undang No. 14 Tahun 1967 tentang Perbankan Indonesia, Jakarta

Undang-Undang No. 13 Tahun 1967 tentang Perbankan Indonesia, Jakarta

Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Indonesia, Jakarta

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan Indonesia, Jakarta

Simamora, Bilson.2003.Penilaian Kinerja dalam Manajemen Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Kumorotomo, Wahyudi, Purwanto, Erwan Agus.2005.Aggaran Berbasis Kinerja, Konsep &Aplikasinya.Yogyakarta : MAP UGM

Rivai, Veithzal, Dato’ Ahmad Fawzi, Mohd. Basri. 2005 Performance Appraisal, sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

LAN. 2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Pusat Kajian Kinerja Kelembagaan LAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.