PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN LONG BAGUN KABUPATEN MAHAKAM ULU KALIMANTAN TIMUR

Aprianus Awang

Abstract


Aprianus Awang, skripsi dengan judul Pengaruh Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh variabel pengawasan terhadap variabel efektivitas, menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS 17,0 for windows.

Populasi penelitian ini sebanyak 36 orang pegawai Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahalam Ulu, terdiri dari 14 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebanyak 22 orang  pegawai berstatus Tenaga Kerja Kontrak (TKK).  Karena populasinya tidak terlalu besar, maka penulis tidak mengambil sampel melainkan seluruh populasi dijadikan responden penelitian dengan menggunakan metode sensus.

Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi diperoleh nilai  R Square atau r2 sebesar 25%. Sehingga dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar 25%, dan sebesar 75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS for windows versi. 17, maka didapat hasil koefisien korelasi product moment sebesar 0,406, hasil korelasi r hitung tersebut  lebih besar dibandingkan r tabel  (0,406 > 0,329), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara  pengawasan terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor Kecamatan Sandaran. Hipotesis dalam peneleitian ini diterima, yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara vaiabel pengawasan dengan efektivitas kerja pegawai pada kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai Timur.

 


Keywords


pengawasan, efektivitas

Full Text:

doc

References


Anthony, R.N. dan V. Govindarajan. 2004. Management Control Systems, Eleventh Edition, McGraw-Hill Companies, Inc, U.S.A.

Anthony dan Young D.W. 2003. Management Control in Nonprofit Organizations, Seventh Edition, McGraw-Hill Companies, Inc, U.S.A

Danim, Sudarwan., 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Fathoni Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen, cetakan pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

Handoko,T.Hani, (2016),Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Penerbit. BPFE

Handoko, T, Hani. 2016. Manajemen. BPFEE, Yogyakarta.

M. Situmorang Viktor dan Juhir, ( 1997 ), Aspek Hukum Pengawasan Melekat Dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah, Jakarta: Penerbit PT.Renika Cipta

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Mubarak A. 2009. Penelitian Skripsi: Pengaruh Motivasi terhadap Disiplin kerja pegawai tidak tetap harian pada kantor dinas kebersihan kota Samarinda. Fisipol Untag Samarinda, 2009.

Manullang, M, 2005, Dasar – Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Muhammad, Thoha. 2003, Perilaku Organisasi. UGM Press. Jogyakarta.

Prayudi Admosudirdjo, 1987, Researcht Suatu Pengantar Ilmiah, CV. Tarsito, Bandung.

Singarimbun dan Effendi, ( 1995 ), Metode Penelitian Survey, Jakarta: Penerbit PT.Pustaka LP3ES Indonesia

Siagan, Sondang P,2002, Filsafat Administrasi, Gunung Agung, Jakarta

Sugiartik. 2014. Peranan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT. Saicle Jasa Consultant Samarinda. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Sutrisno Hadi. (2004), Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Penerbit Alfabeta

Sujatko, 1993, Beberapa Pengertian di Bidang Pengawasan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Supriyono, 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. BPFE-Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Syamsi, Ibnu., 1988. Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen, Alumni, Bandung.

Richard M Steers., 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, tentang kewajiban dan larangan Pegawai Negeri Sipil

Zahnd, Markus., 2006. Perancangan Kota Secara Terpadu. Liberty, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.