PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PADA KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KUTAI TIMUR
Abstract
SAM’ANI,Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur.
Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pegawai yang jumlahnya 95 orang, terdiri dari PNS sebanyak 54 dan TK2D/Honorer sebanyak 41 orang Berkaitan dengan hal tersebut, maka penulis mengambil sampel yaitu sebanyak 27 populasi yang dijadikan sebagai responden.
Berdasarkan uraian diatas, maka alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefisien korelasi product moment. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa tidak pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanankepuasan pada Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang menyatakan bahwa rhitung lebih kecil dari rtabel yaitu 0,236< 0,487 untuk nilai kritis pada N=27 dengan taraf signifikansi = 0,01 untuk N=27 mempunyai tingkat hubungan sangat rendah.
Setelah rhitung didapatkan, maka selanjutnya penulis mengajukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dari hasil pengujian hipotesis ini, nilai thitungsebesar 1,724 sementara itu untuk harga-harga kritis dalam ttabel adalah 2,485 yang berarti bahwa t test<t tabel yaitu 1,724 < 2,485 dengan nilai kritis N - 2 dengan taraf signifikansi 0,01 artinya dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis nol/H0 diterima atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayananterhadap variabel kepuasan.
Keywords
Full Text:
docReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.
Gaspersz, Vincent. 2002. Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa.Gramedia. Jakarta.
GR. Terry, 1993. Pengembangan sumber Daya Manusia.Yogyakarta : Liberty.
Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket,Tes, dan Skala Nilai
dengan BASICA. Edisi Pertama, cetakan pertama. Penerbit Andi Offset.Yogyakarta.
Hani Handoko, 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Masri Singarimbun dan Sofian Effendi (Ed.). 1992. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.
Purnama, Nursya,bani. 2006. Manajemen Kualitas Perspektif Global. Edisi
Simamora, B. 2004.Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Gramedia
Pustaka Utama. Jakarta.
Sanapiah Faisal. 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Bina Aksara, Jakarta.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. (eds.). 1989. Metode Penelitian Survei. LP3ES.
Jakarta.
Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek .Jakarta: Rineka Cipta.
Soejono, 1997.Sistem dan Prosedur Kerja.Jakarta : Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi. 1992. Statistika Deskriptif. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali
Refbacks
- There are currently no refbacks.