ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BIDANG KEUANGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Eka Wahyuni

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah lingkungan kerja berpengaruh signifikan  terhadap produktivitas kerja, untuk mengetahui bagaimana budaya organiasi berpengaruh signifikan  terhadap produktivitas kerja, untuk mengetahui apakah lingkungan kerja dan budaya organisasi secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja pegawai pada bidang Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur.

Dari tujuan diatas maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. dengan menggunakan lingkungan kerja dan budaya organisasi sebagai variabel independent dan produktivitas kerja karyawan sebagai variabel dependent. Faktor yang mempengaruhi dalam variabel lingkungan kerja berupa : penerangan cahaya, temperatur, hubungan, sirkulasi udara, musik yang ada di dalam lingkungan kerja. Faktor yang mempengaruhi dalam variabel budaya organisasi : inovasi, perhatian kepada detail, orientasi pada hasil, orientasi pegawai, dan orientasi team. Dan faktor yang mempengaruhi dalam variabel produktivias kerja : kemampuan, meningkankan hasil kerja, semangat kerja, pengembangan diri, mutu dan efesiensi.

Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap berbagai sumber data yang dikumpulkan, bahwa produktivitas kerja pegawai jika di lihat dari faktor-faktor dalam variabel tersebut lingkungan kerja lebih signifikan daripada budaya organisasi yang berarti bahwa lingkungan kerja lebih berpengaruh dominan dibanding budaya organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai pada Bidang Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur.

Keywords


Produktivitas Kerja pegawai, Lingkungan Kerja dan Budaya OrganisasiProduktivitas Kerja pegawai, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi

Full Text:

doc

References


Alex S. Nitisemito, 2006, Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Anoraga, P. (2009). Psikologi Kerja. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

Arikunto S. 2006. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk skripsi, Tesis dam Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang.

Daft L, Richard. (2006). Manajemen, Ed. 5, jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Eka Idham Lip K Lewa dan Subowo, 2005, Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Pertamina (PERSERO) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat, Cirebon, Sinergi Edisi Khusus on Human Resource.

Ginting, Paham dan Syafrizal Situmorang. 2008. Analisis Data Penelitian, USU Press, Medan.

Hadinata, Himawan Chandra. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pabrik Genteng Masokka Kebumen, Jawa Tengah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Handoko, T. Hani, 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, BPFE ,Yogyakarta.

Hasan, Fuad. 2010. Produktivitas Kinerja Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Melalui Sistem Informasi Manajemen Penyelengaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (SIM PPTS). Universitas Komputer Indonesia.

Hasibuan, Malayu SP. 2007, Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, Ed. Rev, Cet. 6. Bumi Aksara, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Medua Group, Semarang.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2010, Perilaku Dan Budaya Organisasi, Edisi Revisi Cet. 3, PT. Refika Aditama, Bandung.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya Ofset, Bandung

Notoatmodjo, S. 2005. Metode Penelitian Kesehatan, PT Rhineka Cipta, Jakarta.

Oktaviani, Harmusa. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Sumber Rejeki Rambang. Universitas Diponegoro.

Primadhania, Vidi. 2012. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Otsuka Indonesia. Universitas Indonesia.

Robbins SP, 2006, Perilaku Organisasi Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Samsudin, Sadili. 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka Setia, Bandung.

Sarwono, Sarlito Wirawan, 2005, Psikologi Lingkungan, PT. Gramedia Grasindo, Jakarta.

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju, Bandung.

Setiawan, Aditya. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Muara Kalimantan Timur Perkasa Samarinda. Universitas Negeri Mulawarman.

Siagian, Sondang P. (2009). Kiat Meningkatkan Produktivitas kerja. PT. RINEKA CIPTA : Jakarta.

Silalahi, Ulber. 2013, Asas – Asas Manajemen, Cet. 2. PT. Refika Aditama, Bandung.

Sinungan, Muchdarsyah. 2009. Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis, PT Gramedia, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Suryani, Ratna. 2011. Pengaruh Kompensasi Dan Stress Kerja Terhadap Produktvitas Kerja Karyawan Quality Assurance Di PT. Liebra Permana. Universitas Pasundan.

Sutanto, Erry. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Diya Propesrty Utama Di Samarinda. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah.

Sutrisno, Edy. 2011, Budaya Organisasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Wibowo. 2007. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Mandar Maju, Bandung.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wirawan. (2004). Budaya dan Iklim Organisasi. Salemba Empat, Jakarta.

Yuniarsih, T. & Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.