PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN SUNGAI PINANG

Syahril Sapri

Abstract


Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Motivasi dan Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil perhitungan kolerasi produck moment antara variabel motivasi dengan variabel kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang menyatakan bahwa hipotesis yang telah di ajukan dapat di terima, dengan nilai yang di peroleh 0,600. Nilai 0,600 kemudian di konsultasikan pada tabel Interpretasi Kolerasi Produck Moment dengan hasil interpretasi kuat karena 0,600 berada pada interval 0,60-0,799, Sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Sungai Pinang.

Kemudian berdasarkan pengujian uju t, didapat hasil 4,803 berarti dapat di katakan bahwa =4,803 hasil ini jika di bandingkan dengan nilai harga-harga nilai t-kritis student ternyata lebih besar, yaitu  =4,840>1,682 pada tingkat signifikan 0.05 untuk n - 2 = 43 (43-2=41). Ini berarti dapat pengaruh yang pisitif dan signifikan dari variabel motivasi dengan variabel kinerja pegawai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rumusan masalah di dalam penelitian ini telah terjawan dan hipotesis yang di ajukan dapat terbukti kebenarannya.

Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel Motivasi dengan variabel Kinerja Pegawai, dengan demikian dapat dikatakan pula bahwa rumusan masalah pada penelitian tersebut telah terjawab dan hipotesis yang diajukan terbukti telah kebenarannya.


Keywords


Motivasi, Kinerja Pegawai

Full Text:

doc

References


Veithzal Rivai, 2005, Management Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Dari Teori Ke Praktik, Edisi 1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins dan Judge, 2007, Perilaku Organisasi. Terj. Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I, Cetakan Ketiga Belas, Jakarta : Bumi Aksara.

Notoatmodjo, 2009, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya1212

Sayuti. 2007, Motivasi dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi, Penerbit Ghalia. Indonesia, Jakarta.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sedarmayanti, 2010. Managemen Sumber Daya Manusi: Reformasi Birokrasi dan Managemen Pegawai Negri Sipil. PT Refika Aditama.

Tika, P. (2006). Budaya OrganisasiDan Peningkatan Kerja Perusahaan.

Jakart: PT Bumi Aksara.

Masrukin Dan Waridin. (2004). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap KInerja Pegawai. EKOBIS, 7 (2), 197-209

Mangkunegara, A. A., & Anwar, P. (2004). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Cetakan pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal dan Basri. (2005). Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.