ANALISIS KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA

Nida Nur Hanifah

Abstract


NIDA NUR HANIFAH, 2014, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus, Samarinda. Analisis Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, di bawah bimbingan Salasiah, S.Sos, M.Si. selaku pembimbing I dan Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si. selaku pembimbing  II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai dari segi Prestasi kerja, Keahlian kerja, Disiplin kerja, dan Fasilitas-fasilitas kerja dalam menjalankan fungsi dan tugas Kantor Kecamatan Sambutan Samarinda. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, wawancara, observasi, dam Dokumentasi. Beberapa aspek permasalahan perihal budaya yang tidak disiplin oleh pegawai, kurang adanya tindakan tegas dari pimpinan juga menjadi kendala tercapainya kinerja yang baik, mengenai sarana dan prasarana yang ada diruangan juga menjadi kendala tercapainya efektivitas kinerja para pegawai. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan kesadaran hak dan kewajiban masing-masing pihak serta perlu adanya pengawasan yang ketat, teguran secara evaluasi yang lebih intensif terhadap pegawai yang melakukan kekeliruan, pelanggaran atau menyalahi aturan dalam melaksanakan tugas. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pegawai  masih belum maksimal yang dapat dilihat dari sarana-prasarana terkait pelaksanan tugas dan fungsinya yang belum optimal karena dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu faktor Internal yang meliputi dari kepribadian aparat pelaksana terkait kesadaran, sikap/perilaku dan profesionalnya dalam bekerja, kemudian faktor eksternal yaitu lokasi, lingkungan, dan masyarakat pelanggan jasa.

 


Keywords


Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda

References


Amstrong dan Baron, 2013. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bejo. Siswanto. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Davis Keith (2001). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andy.

Gomes, Faustino C. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andy

Handoko. T. Hani. 2001.Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Harbani, 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Hasibuan. (2012) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media

Mangkunegara Anwar. 2004, Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : Refika Aditama

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Munandar. 2008, Manajemen kinerja sektor publik, BPFE yogyakarta, Yogyakarta

Mahsun, M., (2006), Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE Yogyakarta

Mathis, R.L & J.H. Jacson. 2006. Human Resource Management : Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakatra: Salemba Empat

Ma’arifah. (2005) Metode Penelitian Ilmu Sosial, Yogyakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.