KORELASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJAPEGAWAI TIDAK TETAP DI KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT

Marta Susana

Abstract


MARTA SUSANA, NPM: 14.11.1001.3509.025 Judul Skripsi: Korelasi Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Tidak Tetap Di Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Pegawai Tidak Tetap Di Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, serta untuk menguji kebenaran hipotesis penelitian sebagai dasar dalam pembuatan kesimpulan.

Pendidikan dan pelatihan merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan serta pembinaan moral pegawai yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

Untuk mendukung penelitian tersebut diambil sampel sebesar 41 orang. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survei dengan analisis verifikatif. Kemudian untuk data yang bersifat kuantitatif akan dibahas secara kualitatif. Untuk mengetahui adanya korelasi antara kedua variabel tersebut digunakan uji statistik koefisen korelasi Rank Spearman.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang erat antara pendidikan dan pelatihan dengan produktivitas kerja organisasi. Hal tersebut didukung dari hasil perhitungan menunjukkan, rs hitung sebesar 0,771 atau lebih besar daripada nilai tabel (0,409), dan korelasi pada taraf cukup baik. Demikian pula pada uji sampel memperlihatkan t hitung (3,11) lebih besar daripada nilai tabel (2.022). Ini menunjukkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara repersentatif dapat mewakili keseluruhan populasi.

Dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan ternyata pegawai tidak kesulitan menghadapi pekerjaan, bahkan mampu mengoperasionalkan sarana teknologi yang difasilitasi lembaga dan dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

 

 Untuk pegawai yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan hendaknya ditempatkan pada porsi yang sebenarnya dan dimanfaatkan semaksimal mungkin atau diberikan tanggung jawab yang sesuai dengan tingkat kemampuannya. Dan Memberikan kesempatan kepada pegawai yang belum pernah mengikuti pelatihan dalam bentuk apapun, dan memberikan prioritas bagi pegawai memiliki prestasi kerja serta menghindarkan parktek-praktek kolusi, nepotisme dan koncoisme.


Keywords


Pendidikan Dan Pelatihan, Produktivitas Kerja, Pegawai Tidak Tetap Kecamatan Linggang Bigung

Full Text:

doc

References


Anonim, 1999. Undang-undang Nomor 22 Thun 1999. tentang Pemerintahan Daerah. Citra Umbara. Bandung.

______, Undang-undang Kepegawaian Tahun 1999, UU No. 43 tahun 1999, Tentang Perubahan UU No. 8 Tahun 1974, Tentang Pokok-pokok Kepegawaian. Jakarta

______, 2001. Administrasi Pembangunan. "Gunung Agung", Jakarta

Siegel,Sidney Dan John Castellan Jr. l998, Nonparametric Statistics For The Behavioral

Sciences. Second Edition McGraw Hill International Edition. New York.

------------, 1993. Mamajemen Pembangunan. Cetakan Ke-3. Haji Masagung. Jakarta

Kussriyanto, Bambang, 1996. Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Seri Managemen No.95, Jakarta, Pustaka Binama Pressindo.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta PT.Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.