TINJAUAN TENTANG KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KENCANA WILAYAH CABANG 4 KOTA SAMARINDA

Reza Refano

Abstract


Reza RefanoNPM : 14.11.1001.3509.245,  Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Wilayah Cabang 4 Kota Samarinda.  di bawah bimbingan Bapak H. Ahmad Jubaidi, S.Sos., M.Si dan Bapak Drs. Damai Darmadi, M.Si.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan daerah air minum tirta kencana kota samarinda, yang dilihat dari lima aspek yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas pelayanan perusahaan daerah air minum tirta kencana kota samarinda, baik dari segi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Jenis penelitian atau penjelasan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif digunakan mendiskripsikan varibel penelitian. Jenis data yang digunakan, wawancara observasi, kuesioner dan dokumentasi.

Dengan dilaksanakannya penelitian di perusahaan daerah air minum tirta kencana kota samarinda ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana kualitas pelayanan yang ada di perussahaan daerah air minum tirta kencana kota samarinda

Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat digambarkan bahwa dari tangibles lokasi PDAM bersih ditunjukkan dengan tidak adanya sampah serta perlengkapan yang dimiliki sudah cukup lengkap. Sedangkan dari keandalan pegawai PDAM selalu berlaku adil dan cepat dalam melayani pelanggan baik pada loket pembayaran tagihan rekening maupun pada loket pengaduan. Dilihat dari daya tanggap pegawai senantiasa memberikan bantuan penjelasan baik diminta maupun tidak. Untuk dimensi jaminan bahwa lokasi PDAM cukup aman dengan didukung ruangan tunggu yang nyaman serta pegawai yang berprilaku jujur, sedangkan untuk dimensi empati petugas/pegawai selalu berprilaku sopan, ramah dan sabar dalam melayani pelanggan serta selalu bertuturkata dengan sopan.


Keywords


Kualitas Pelayanan PDAM Tirta Kencana

Full Text:

doc

References


Adam I. Indrawijaya (2002). Prilaku Organisasi, PT Grasindo, Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Refikia Aditama, Bandung.

As’ad (2002). Psikologi Industri, Liberty, Yogyakarta.

Bochner dan Kelly (1974:23). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Grasindo.

Cangara (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Grasindo.

Effendy (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.

ErnestL. McCormick (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Devito (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung PT.RemajaRosdakarya

Azwar,Saifuddin.2002.Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: PustakaPelajar.

Ahmad Tohardi, (2002), Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung

Hadari Nawawi (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hani Handoko (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.