STUDI TENTANG PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KELURAHAN MUGIREJO KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA

Suheri Suheri

Abstract


           

Suheri 2018, Studi Tentang Pelayan Kepada Masyarakat di Kelurahan Mugirejo kecamatan Sungai Pinang Kota Samarida. Skripsi ini bimbingan Ibu Jamiah S.Sos. M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. H. Maskan AF M.Si selaku pembimbing II.

Penelitian ini membahas tentang Studi Tentang Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Kedudukan dan peranan Kelurahan sangatlah vital dan penting perannya dalam Administrasi Negara, karena Kelurahan bersentuhan langsung dengan masyarakat dari semua kalangan/golongan, mulai sejak lahir sampai meninggal. Permasalahan yang di angkat adalah Studi Tentang Pelayanan Kepada Masyarakat di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Deskristif Kualitatif.

Studi tentang pelayanan kepada masyarakat di kelurahan mugirejo ini menampikan pelayanan kenyamanan, kemudahan, dan penggunaan alat bantu sudah diterapkan dalam proses pelayanan terhadap masyarakat. Dalam pelayanan kepada masyarakat, para pegawai kelurahan mempunyai standar pelayanan yang jelas, dan keahlian sudah diterapkan dalam melayani masyarakat.

Tujuan dalam pelayanan kepada masyarakat adalah dapat membantu atau proses pelayanan terhadap masyarakat yang nyaman sesuai dengan harapan masyarakat, berdasarkan kualitas pelayanan publik dari lima dimensi yaitu Bukti Fisikl, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati.

 

Kata Kunci : Pelayanan Publik

 

ABSTRACT

Suheri 2018, Study of Waiters to the Community in Mugirejo Village, Sungai Pinang District, Samarida City. This presentation guides Ibu Jamiah S. Sos. M. Si as the first advisor and Mr. Drs. H. Masi AF M.Si as mentor II.

This study discusses the Study of the Society of Mugirejo Subdistrict Sungai Pinang Subdistrict, Samarinda City. The position and role of the vital village and its important role in the State Administration, because the kelurahan is in direct contact with the community from all walks of life, from birth to death.

The problem that was disposed of was Study Services to the Community in Mugirejo Village, Sungai Pinang District, Samarinda City. The research methodused is the Qualitative Research Method.

The study of service to the community in Mugirejo village shows that the services of comfort, convenience, and use of tools have been applied in the process of service to the community. In service to the community, kelurahan employees have clear service standards, and expertise has been applied in serving the community.

The purpose of service to the community is to be able to help or process the service to the community that is comfortable in accordance with the expectations of the community, based on the quality of public services from five dimensions, namely Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Emphaty

 

Keywords : Public service

 

 


Keywords


Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Agung Kurniawan.2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta :

Pembaruan.

Anonim.2015.ahttp://simofet.blogspot.com/2015/03/makalah kependudukan.html.

Batinggi, Ahmad.2011. Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta : Universitas :

terbuka.

Duadji,Noverman.2013. Manajemen Pelayanan Publik (Wacana Konsep, Teori

dan Problema Pelayanan Publik). Bandar Lampung : Lembaga Penelitian

Universitas Lampung.

Gaspersz, Vincent.2012. All In One : Production and Inventori Management.

Edisi 8. Bogor.

Lembaga Administrasi Negara (Indonesia), 2005. Reformasi Birokrasi Di

Indonesia : Harapan Yang Tak Kunjung Bergulir ; Bunga Rampai

Administrasi Public, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Miles,M.B, Saldana and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis

(terjemahan). Jakarta :UI-Press.

Moenir,H.A.S.2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Jakarta.

Moleong, L .J., 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja. Rosdakarya.

Bandung.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.,& Berry, L.L. 2007. Reassessment of

Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality :

Implications for Future Research. Journal of Marketing.

Pasolong, Harbani.2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta. Bandung.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta :

Pustaka Belajar.

Saputra, Whisnu Adhi dan Y. Bagio Mudakir. 2011. Analisis Pengaruh Jumlah

Penduduk, PDRB,IPM,Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di

Kabupaten / Kota Jawa Tengah. Universitas Diponogoro, Malang.

Sinambela, Lijan Poltak,Dkk.2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi

Aksara.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D: Bandung :

Alfabeta.

Tjiptono,Fandy.2003. Manajemen Jasa, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Tjiptono,Fandy.2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Valarie A. Zeithml, A.Parasuramman.2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia

Publishing.

Yousa, Amri, (2002). Mengukur dan Mengevaluasi Kinerja Pemerintah (Desain

Model Dan Penerapan Pada Kecamatan). Dalam Buku Menata Ulang

Kelembagaan Pemerintah Kecamatan, Penerbit Citra Pindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.