PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN APARATUR PEMERINTAH PADA BAGIAN HUMAS PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Rizka Kurniati

Abstract


RIZKA KURNIATI  Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Pada pada Bagian Humas Kantor Pemerintah

Provinsi Kalimantan Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas pelayanan  pada Bagian Humas Kantor Pemerintah  Provinsi Kalimantan Timur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel perilaku kepemimpinan dengan variabel kualitas pelayanan  pada  pada Bagian Humas Kantor Pemerintah  Provinsi Kalimantan Timur.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,775 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif diantara kedua variabel.

Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,284.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,721.  Ini berarti terdapat pengaruh yg signifikan antara variabel perilaku kepemimpinan terhadap variabel kualitas pelayanan.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan

Full Text:

doc

References


Ibrahim Indrawijaya. 2000. Psycologi Organisasi. Sinar Baru, Bandung.

Agus Akhyari. 2000. Management Produksi. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Arifin Abdurrachman. 2001. Pokok-Pokok Management Umum. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta.

Bintoro Tjokroamidjojo. 2001. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES, Jakarta.

Collier. 2000. Managing The Skills Gap. Terjemahan : Bambang S, Confederation of British Industry, London.

Dann Suganda. 2000. Kepemimpinan Dalam Organisasi dan Management. Sinar Baru, Jakarta.

Edgar H Schein. 1983. Psychologi Organisasi. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

H. Siagian. 2001. Management Suatu Pengantar. Alumni, Bandung.

J. Supranto. 2002. Metodologi Riset dan Aplikasi Di Dalam Riset Pemasaran, Fekon UI, Jakarta.

Kartini Kartono. 2001. Metodologi Research Sosial. Alumni, Bandung.

Kartini Kartono. 2000. Psikologi Sosial Untuk Manajemen. Rajawali Press, Jakarta.

K.M. Evans. 2000. Merencanakan Penelitian Dalam Pendidikan. Diterjemahkan Oleh : Arief, Bina Ilmu, surabaya.

Koentjaraningrat. 2002. Metode Penelitian Masyarakat Mengenai masalah Perencanaan, LIPI, Jakarta.

Komaruddin. 2001. Kamus Riset. Angkasa, Bandung.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 2000. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.

Mohammad Ali. 2002. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa, Bandung.

Moh. Nazir. 2001. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

M. Karyadi. 2000. Kepemimpinan (Leadership). Karya Nusantara, Bandung.

Newcomb & Ralph H. Turner. 2000. Social Psychology. Diterjemahkan Oleh : Joesoef Noesyirwan, dkk. Diponegoro, Jakarta.

Onong Uchjana Effendi. 1977. Kepemimpinan dan Komunikasi. Alumni, Bandung.

Panglaykim dan Hazil. 2000. Management Suatu Pengantar. PT. Pembangunan, Jakarta.

Suwarno Handayaningrat. 2002. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

R. Agustoha Kuswata. 2000. Manajemen Pembangunan Desa. Grafindo Utama, Jakarta.

Sarwoto. 2003. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Soerjono Soekanto. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali, Jakarta.

S. Prajudi Atmosudirdjo. 2000. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan. Gramedia, Jakarta.

Sondang P. Siagian. 2000. Management Dalam Pemerintahan. Yayasan Penerbit Administrasi, Jakarta.

Sugiyanti. 2001. Strategi Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2000. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno Hadi. 2001. Metodologi Research 2. Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.