TINJAUAN TENTANG EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR V-CLAIM SECARA ONLINE PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SYAHRANIEKOTA SAMARINDA

Decky Pebrian

Abstract


Salah satu upaya pemerintah dalam mengefektivitaskan pemenuhan kepuasan kepada masyarakat dalam penggunaan V-Claim secara online salah satunya adalah dengan menjalin kesepakatan kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Samarinda dan RSUD Abdul Wahab Syahranie Kota Samarinda berupa aplikasi yang bernama virtual claim secara online. Sebagai penyedia pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan, RSUD Abdul Wahab Syahranie Kota Samarinda memiliki hak untuk mendapat pembayaran klaim atas  fasilitas yang telah diberikan kepada masyarakat pengguna V-Claim. Sedangkan   BPJS Kesehatan berkewajiban membayar tagihan klaim dari rumah sakit sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Adapun yang menjadi unsur penerapan terhadap kepuasan masyarakat yang menggunakan aplikasi v-claim ini terdiri dari prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, percepatan pelayanan, keadilan pelayanan dan kepastian jadwal pelayanan, sedangkan yang menjadi alat ukur sejauhmana pelaksanaan prosedur v-claim secara online ini berjalan efektif maka penulis menggunakan 3 (tiga) pendekatan yang terdiri pendekatan sasaran, pendekatan sumber daya dan pendekatan proses.

Tinjauan Tentang Efektivitas Pelaksanaan Prosedur V-Claim Secara Online Pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie Kota Samarinda hasilnya dinilai dengan Predikat “A” artinya unsur penerapan dari pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan aplikasi v-claim secara online masuk kategori “Sangat Baik”. 

Hal ini dapat diindikasikan dari penelitian penulis terhadap kemudahan prosedur pelayanan jasa aplikasi v-claim, kesesuaian persyaratan dengan jenis pelayanan sangat baik, proses pelayanan v-claim di BPJS sangat cepat, sistem mendaftar v-claim secara online sangat mudah dan bisa diakses siapa saja, tidak ada perlakukan khusus terhadap jenis pelayanan.


Keywords


Efektivitas, Kepuasan Masyarakat

Full Text:

Doc

References


Azrul, Azwar., 1996, Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi 3. Jakarta: Bina Rupa Aksara Publisher

Azrul Anwar., 2010. Pengantar Administrasi Rumah Sakit. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher

Bernardin & Russel., 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Diterjemahkan oleh Bambang Sukoco. Bandung: Armico.

Dwiyanto, 2002 Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Pusat Studi Kependudukan UGM, Yogyakarta

Mewujudkan Good Governance melalui pelayanan publik. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Hari Lubis & Martani Huseini., 1987. Teori Organisasi, Suatu Pendekatan Makro. Jakarta Pusat

Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar., 2009 Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara

Kristianto., 2011, Sistem Informasi penilaian Kinerja Pegawai di UPN “Veteran” Jakarta

Kartikasari., 2013, Sistem Informasi Administrasi Penilaian Prestasi Kerja PNS Berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Berbasis Web Pada Kantor Bkd Provinsi Jawa Tengah.

Kholijah., 2013, Sistem informasi penilaian kinerja karyawan menggunakan metode technique for others reference by similarity to Ideal solution (topsis).

Lexy. J. Moleong., 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Matutina, 2001. Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan kedua, Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.

Malayu S.P. Hasibuan., 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bandung: PT. Bumi Aksara.

, Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan kesepuluh, PT. Bumi Aksara

Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Cetakan 9. PT. Bumi Aksara.

Mardalis, 2003 Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta, Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu., 2010. Evalusi Kinerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Putra, Wahyu Manggala., 2014. Analisis Implementasi Kebijakn Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sedarmayanti., 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Simamora, Henry., 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit STIE YKPN.

Sitompul, Jonathan Maruli Tua., 2016. Efektifitas Pelaksanaan Program BPJS Kesehatan Dalam Pemberian Pelayanan Kepada Masyarakat Ekonomi Lemah (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Helvetia, Medan) [Jurnal]. Medan: Universitas Sumatera Utara

Soewarno Handayaningrat., 1980, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta

Sondang P Siagian., 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Sudarwan Danim., 2002, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono., 2017, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: CV. Alfabeta

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Surbakti J., 2014. Hubungan Kelengkapan resume Medis rawat Inap dan Kecepatan Penagian Klaim Rawat Inam di RS Parakasih [Skripsi]. Jakarta: Universitas Esa Unggul

Tjandra Yoga Aditama., 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Edisi Kedua. Jakarta.

Tjiptono, 2006 Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi Offset

Umar, Husein. 2004, “Metode Riset Ilmu Administrasi”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Veithzal, Rivai., 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan,Cetakan Pertama, Jakarta, PT. Raja GrafindoPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.