EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN IMB

Maisarah Ayu Wandira

Abstract


Seiring dengan otonomi daerah yang telah berlangsung, pemerintah daerah kian giat untuk meningkatkan pelayanan publik, tidak terkecuali dengan pelayanan di bidang perizinan yang berguna untuk meningkatkan iklim investasi di daerah Kota Samarinda. Kota Samarinda sendiri berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 mengenai pedoman penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).Berkaitan dengan hal itu peneliti ingin mendeskripsikan mengenai  efektivitas  penyelenggraan  pelayanan  perizinan  IMB  yang memfokuskan pada tercapainya tujuanpelayanan yang sederhana, cepat, tepat dan nyaman bagi masyarakat. Dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan IMB di DPMPTSP   Kota   Samarinda.Pengumpulan   data   dilakukan   dengan   teknik penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta penelitian kepustakaan.Data-data yang dikumpulkan dianalisis melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan efektivitas penyelenggaraan pelayanan perizinan IMB di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda dilihat dari tercapainya tujuan pelayanan yang  sederhana, mudah dan nyaman yang dilihat dari indikator prosedur pelayanan dan kenyamanan lingkungan pelayanan telah tercapai sedangkan  untuk tujuan   pelayanan  yang cepat dan tepat belum tercapai secara optimal. Berdasarkan tercapainya tujuan pelayanan yang berhasil tercapai maka pelayanan perizinan IMB telah terselenggara dengan efektif karena indicator tujuan yang tercapai lebih banyak dibandingkan yang belum tercapai. Sedangkan untuk faktor-faktor penghambat terdapat : kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya pegawai yang professional.


Keywords


efektivitas, pelayanan, IMB

Full Text:

Doc

References


BIBLIOGRAFI

Buku Referensi

Abdurahmat, 2003. Pengertian Efektivitas. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Agung, Kurniawan 2005. Transformasi Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Amal, Ichsanul, dkk ed Agus Pramusinto dan Wahyudi Kumorotomo, 2009, Governance Reform di Indonesia : Mencari Arah Kelembagaan Politik yang Demokratis dan Birokrasi yang Profesional, Yogyakarta : Gava Media

Atep Adya Barata. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Ele Media Kompetindo

Atmosoeprapto, Kisdarto, 2002. Menuju SDM Berdaya – Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo

Christoper Lovelock & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : PT. Indeks

Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2007). Metode Penelitian Kuliatatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media.

Gerson, Richard. F. 2004.Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PPM

Gottshalk, Louis. 2006. Mengerti Sejarah. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Krech, David and Egorton L.Ballanchey. 1962. Individual in Society, A text Book of Social Psychology. Tokyo: Mc Grawhill Kogo Fusha.

Lim Pui Huen, L. 2007. Rekonstruksi Sejarah Pengalaman Hidup dalam Sejarah Lisan di Asia Tenggara. Jakarta: LP3ES.

Makmur, 2011. Efektifitas Kebijakan kelembagaan Pengawasan. Bandung: , Refika Aditama

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Jakarta : Prenhall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.