HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEUANGAN KANTOR PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Hamsiah Hamsiah

Abstract


RINGKASAN

 

 

Hamisah .  Hubungan antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pegawai Pada Bagian Keuangan Kantor Pemerintah Kota Samarinda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kepuasan Kerja mempunyai hubungan  yang positif dengan Kinerja Pegawai  Pada Bagian Keuangan Kantor Pemerintah Kota Samarinda Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Kepuasan Kerja dengan variabel Kinerja Pegawai  Pada Kantor Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Kutai Timur.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,725 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif diantara kedua variabel.

Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,172.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,740.  Ini berarti terdapat hubungan dan pengaruh yg signifikan antara variabel Kepuasan Kerja dengan Kinerja Pegawai pada Kantor Satuan polisi Pamong Praja Kabupaten Kutai Timur.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Full Text:

Doc

References


As’ad, M. 2000. Psikologi Industri. Edisi ketiga. Yogyakarta : Liberty.

Campbell, J.P., & Pritchard, R.D. 2000. Motivation Theory Industrical and Organization Psychology: Handbook of Industrial and Organization. Chicago: College Publishing Company.

Herzberg, F. Mausner, B. & Snyderman, B.B. 2001. The Motivation To Work. Willey Internasional.

Gibson, James L., Ivancevich, John. M., & Donelly, James Jr. 2001. Organization. Jilid I (ahli bahasa oleh Drs Djakarsih, MPA). Jakarta : Erlangga.

Manullang, M. 2003. Managemen Personalia. Cetakan ke-8. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Moukijat, 2003. Managemen Kepegawaian/Personel Management. Jakarta: Alumni.

Nitisemito, Alex. S. 2002. Manajemen Personalia. Cetakan ke-8. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Commings, Paul W. 2001. Manajemen Terbuka (Open Management). Seri Manajemen No. 49. Jakarta: P.T. Pustaka Binawan Pressindo.

Robins, Stepen P. 2001. Personal Management of Human Resources (2nd ed.). Georgetown, Ontario : Irwin Dorset Limited.

Sarwoto, 2003. Dasar-Dasar Organization & Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Handoko, T. Hani. 2004. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Edisi ke- 2. Yogyakarta : BPFE

Wexley, K.N., and Yukl, L.A. 2000. Organizational Behavior and Personnel Psychology. Boston : Richad D. Irwin,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.