Pengaruh Manajemen Perkantoran Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Timur

Novi Kristina Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh Manajemen Perkantoran Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kutai Timur. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh variabel pengawasan terhadap variabel efektivitas, menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS 17,0 for windows.

Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS for windows versi. 17, maka didapat hasil koefisien korelasi sebesar rhit = 0,612, ini berarti bahwa hasil tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis dari koefisien korelasi Product Moment (Pearson) untuk n = 50 pada tingkat signifikasi 5%, yaitu 0,279. atau dapat dikatakan pula bahwa rhit = 0,612 > rtab = 0,279. hal ini bermakna bahwa terdapat ada hubungan yang positif antara variabel  manajemen perkantoran dengan variabel efektivitas kerja pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Kutai Timur,

Keeratan hubungan atau pengaruh variabel menajemen perkantoran terhadap efektivitas pelayanan tersebut di atas juga didukung oleh perhitungan bahwa hasil uji-t adalah sebesar 4,623.  Ini berarti dapat pula dikatakan bahwa thit = 4,623, hasil ini jika dibandingkan dengan nilai pada tabel harga-harga kritis t-student ternyata lebih besar, yaitu thit = 4,623 > ttab = 1,676 pada tingkat signifikasi 0,05 untuk n – 2 = 48 (50 – 2 = 48). hal ini berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara variabel manajemen perkantoran dengan variabel efektivitas pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Kutai Timur.

Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi diperoleh  R Square atau r2, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh manajemen perkantoran  terhadap efektivitas pelayanan pada Dinas Penanaman  Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar 35%, dan sebesar 65% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.  Aspek lain yang cukup menentukan efektivitas pelayanan antar lain berkaitan dengan aspek regulasi pelayanan, fasilitas pendukung dan teknologi, skill atau kemampuan sumberdaya aparatur dan aspek internal maupun eksternal lainnya.


Keywords


management, efevtivitas

Full Text:

doc

References


Budiyanto, F. X, 2005, Manajemen Perkantoran Modern, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Danim, Sudarwan., 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Dewi, Elita.., 2002. Hubungan Manajemen Perkantoran dengan Pengawas (Supervisor). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, USU Digital Library.

Izudinjose.2016. Manajemen Perkantoran.www.izudinpogmail.com (diakses 25 Januari 2018)

Rini Puspa, 2015. Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda.

Sedarmayanti, 2010, Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Penerbit CV. Mandar Maju, Bandung.

Sekretaris Kabupaten (Sekab). 2018. Laporan Pemantapan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara Menuju Birokrasi yang Profesional, Efektif, Efesien dan Akuntabel. Laporan Tidak Diterbitkan. Pemkab Kabupaten Kutai Kartanegara. Tenggarong.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

T. Hani Handoko., 2016. Manajemen. BPFE Fakultas Ekonomika dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.