implementation, DKP3A

Ayu Febryanti Darmawan

Abstract


Ayu  Febryanti  Darmawan  NPM 16.11.1001.3509.063. Tinjauan Tentang Implementasi Program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) Pada Kantor Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur, Penelitian ini bertujuan untuk meninjau implementasi program GISA di Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

         Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Bina Aparatur Pendaftaran Penduduk di Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Timur sebagai informan utama, serta 5  orang masyarakat penerima program GISA. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. 

         Penelitian ini meninjau implementasi proram GISA di Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak Provinsi Kalimantan Timur dinilai dari dimensi sadar pentingnya dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemuktahiran data kependudukan, sadar terhadap pentingnya administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat. Berdasarkan (1) dimensi sadar pentingnya dokumen kependudukan, tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat mengingat dokumen kependudukan sangatlah penting untuk memudahkan segala sesuatu urusan, (2) dimensi sadar pemanfaatan data kependudukan, pemanfaatan data kependudukan sangatlah dibuthkan untuk memudahkan urusan dan sekarang masyarakat dengan mudah memanfaatkan, (3) dimensi sadar pemuktahiran data, pemuktahiran data masih terus ditingkatkan demi kemudahan masyarakat dan pemerintah untuk mendata agar tidak terjadi data ganda, dengan terus mensosialisasikan pemuktahiran data agar tidak terjadi perbedaan data dilapangan, (4) dimensi sadar terhadap pentingya administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat,pemerintah terus berupaya melaksanakan dengan baik untuk memudahkan segala sesuatu untuk mengurus dokumen dan meningkatkan pelayanan.


Keywords


TINJAUAN TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM GISA (GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN) PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DKP3A) PROVI

Full Text:

doc

References


Buku

Agustino, Leo. 2008. Dasar- dasar Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Anggara,Sahya. 2014.KebijakanPublik, Bandung: CVPustakaSetia,

Deddy Mulyadi, 2015, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta, Bandung

Hamdi, Muchlis. (2014). Kebijakan Publik. Proses, Analisis, dan Partisipasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Kharisma Perempuan, edisi 2015, HUT BPPKB Kaltim ke- 6 Tahun 2015

Lester, dan Stewart. 2014. Pengertian Implementasi.

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta :PT. Elex Media Komputindo

Tahir, Arifin, 2014. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaran Pemerintah Daerah. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Peraturan & Dokumen

Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang-Undang (UU) Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Adminstrasi Kependudukan

Sumber Internet

https://sipp.menpan.go.id/sektor/kependudukan-dan-pencatatan-sipil/peraturan-terkait-kependudukan-dan-pencatatan-sipil-di-indonesia ( diakses 12 januari 2020)

https://www.cekkembali.com/kebijakan-publik/ (diakses 14 januari 2020 )

https://kaltimprov.go.id/berita/launching-gisa-di-provinsi-kaltim-lamin-etam-diserbu-warga (diakses 14 januari 2020 )

https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-teori-menurut-para-ahli/ (diakses 21 februari 2020 )

https://seputarilmu.com/2018/12/kebijakan-publik.html ( diakses 01 maret 2020 )

https://dkp3a.kaltimprov.go.id/ ( diakses 04 mei 2020 )

http://moestopo.ac.id/ ( diakses 04 mei 2020 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.