IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE DALAM PROSES PELAYANAN KEPELABUHAN DI KANTOR KESYAHBANDAR DAN OTOTRITAS PELABUHAN KELAS II SAMARINDA

Muhammad Andi

Abstract


Muhammad Andi, Implementasi Good Governance Dalam Proses Pelayanan Kepelabuhan Di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IISamarinda. Dibawah bimbingan Bapak H. Maskan AF dan Bapak H. Ahmad Jubaidi.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi good governance dalam proses pelayanan kepelabuhan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi good governance dalam proses pelayanan kepelabuhan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda..

 

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan meliputi Kepala Subbag Tata Usaha, Pengadministrasi Umum (Pelayanan Publik), Pelayanan Publik (Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli), Kepala Seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal serta pengguna jasa agen pelayaran (PT. SPIL dan PT. Buana Sejahtera Mandiri) yang pernah mendapatkan pelayanan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diketahui bahwa transparansi di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda masih kurang baik, hal ini dikarenakan masih ada masyarakat kurang mengetahui prosedur atau tata cara dan persyaratan dalam pengurusan pelayanan publik di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda. Daya tanggap dari pegawai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda masih kurang baik, hal ini dikarenakan waktu pelayanan yang cukup lama tidak sesuai kebutuhan masyarakat. Berkeadilan pegawai di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda sudah cukup baik, hal ini dikarenakan dalam memberikan pelayanan pegawai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Samarinda lebih mengutamakan masyarakat yang duluan datang dengan persyaratan yang lengkap.

 


Keywords


Implementasi, Good Governance, Pelayanan.

Full Text:

doc

References


Hadi, Sutrisno, 2001 Metodelogi Research. Andi, Yogyakarta.

Handoko, T Hani, 2003 Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan kedelapanbelas. BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, 2003 Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Bumi Aksara, Jakarta.

Rivai, Veithzal, 2003 Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siagian Sondang P, 2001 Administrasi Pembangunan. Gunung Agung, Jakarta.

Sugiyono. 2003 Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono,2005 Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Sukmadinata, 2006 Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya, Bandung.

Tika, Pabundu, 2006 Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.

Usman, Husain dan Setiady Akbar, Purnomo, 2003 Metodelogi Penelitian Sosial, Bumi Aksara, Bandung.

Usman, Husain, 2006 Manajemen : Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Dokumen-dokumen :

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2003 Tentang Pedoman Org

anisasi Perangkat Daerah. Fokus Media, Bandung.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan.

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Otonomi Pemerintah Daerah Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Kecamatan

Kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2008 Tentang Kecamatan.

Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Timur Nomor 49 Tahun 2008 Tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi Kecamatan Muara Wahau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.