PENGARUH ETIKA BIROKRASI TERHADAP PERKEMBANGAN KARIER PEGAWAI DI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KUTAI TIMUR

Agus Duwianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan Etika Birokrasi Terhadap Perkembangan Karier Pegawai Di Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif kemudian populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur ASN dan TK2D berjumlah 90 orang dengan jumlah sampel 47 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui koesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan etika birokrasi terhadap perkembangan karier pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Pengaruh ini ditemukan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang berhasil menyajikan data hasil uji T, uji F dan uji determinan koefisien. Etika birokrasi (variabel X) berpengaruh positif karena nilai koefisien regresinya yang menghasilkan angka positif sebesar 0,482. Pengaruh simultan diketahui berdasarkan hasil uji F dengan nilai F-hitung  (52,572) >  nilai F-tabel  (4,05) dengan nilai signifikansi (sig) 0,000. Nilai ini berhasil membatah H0 yang mengatakan tidak ada pengaruh signifikan. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dilakukan dengan uji T, sebagai hasilnya nilai Thitung sebesar 7,251 > Ttabel 2,021 dengan nila sig 0,003 < 0, 05. Untuk menjaga agar karier pegawai terus meningkat disarankan agar memperhatikan aspek etika dalam melaksanakan tugas sehari-hari.


Keywords


Etika Birokrasi, Pengembangan Karier, Sekretariat.

Full Text:

doc

References


Arisman, (2014). Etika Aparatur Dalam Pelayanan Publik. Karya Ilmiah Kemenkumham.

Djadja, Saefullah. (2012). Pemikiran Kontemporer Administrasi Publik: Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Era Desentralisasi. Bandung, LP3N FISIP, Universitas Padjajaran.

Insani, N. (2020). Apparatus Professionalism and Public Service Ethics. Journal La Sociale, 1(1), 25-28.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edisi Kesepuluh. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mariana, D. (2006). Reformasi Birokrasi Pemerintah Pasca Orde Baru. Sosiohumaniora, 8(3), 240.

Marwiyah. (2016). Pentingnya Etika Administrasi Publik Dalam Pemberantasan Korupsi Pada Perilaku Birokrasi Publik. Good Governance in the Policy Implementation Process and public communication, Prosiding International, Universitas Muhammadiyah Jember, 70.

Mathis, R. L. (2006). Human Resource Management, 10th Edition. Salemba Empat. Jakarta.

Pathardikar, A. D., Sahu, S., & Jaiswal, N. K. (2016). Assessing organizational ethics and career satisfaction through career commitment. South Asian Journal of Global Business Research, 5(1), 104-124.

Rivai, V. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rizka, Zasyatin. (2013). Sikap Terhadap Pengembangan Karir dengan Burnout Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 260-272.

Taganing, K. N. M., Muluk, H., Retnaningsih, Zuklaida, A., Rifameutia. (2007). Pengaruh Locus Of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil).

Tarumingkeng, Sofny. (2013). Etika Birokrasi Dalam Mewujudkan Prinsip Pemerintahan Yang Baik (Suatu Studi di Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan)." Jurnal Eksekutif 2.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.