PENGARUH MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN SANGKULIRANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Ana Yuliana

Abstract


Ana Yuliana, skripsi dengan judul Pengaruh Manajemen Pelayanan Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh Manajemen Pelayanan Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh manajemen pelayanan terhadap efektivitas pelayanan, menggunakan instrumen analisis koefisien korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS R 17,0 for windows.

            Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pegawai PNS dan pegawai TK2D dijadikan sebagai responden penelitian. Dengan pertimbangan Pegawai Negeri Sipil  tersebut memahami seluk beluk dan terlihat dalam proses pembuatan dan implementasi manajemen pelayanan. Teknik pengambilan sanpel menggunakan metode sensus.

            Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,606, hasil perhitungan rumus korelasi product moment adalah lebih besar dibandingkan r tabel (0,606 > 0,329), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel manajemen pelayanan terhadap variabel efektivitas pelayanan pada kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur, dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin baik manajemen pelayanan maka semakin baik pula efektivitas pelayanan.

            Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi diperoleh hasil  R Square atau r2 sebesar 45%, dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh manajemen pelayanan terhadap efektivitas pelayanan pada kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur adalah sebesar 25%, dan sebesar 75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

            Berdasarkan hasil perhitungan  uji t hitung diketahui bahwa besar t hitungnya adalah 2.240. dari hasil tersebut kalau dibandingkan dengan t tabel maka didapat t hitung> t tabel (2.240 >1.688), dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel manajemen pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap efektivitas  pelayanan pada kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur.

 


Keywords


manajemen pelayanan

Full Text:

Untitled

References


Budiyanto, F. X, 2005, Manajemen Perkantoran Modern, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Danim, Sudarwan., 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Endang Wirjatmi Trilestari, 2007. Manajemen Pelayanan Umum. Bahan Persentasi Seminar. STIA-LAN, Bandung.

Endar Sugiarto, 2012. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Suwarno., 2005. Sistem Birokrasi Pemerintah. Pustaka Utama, Jakarta.

H. A.S. Moenir, 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Kepmen RI. Nomor 63. Tahun 2003. Pedoman Pelayanan Umum diLingkungan Pemerintah.

Keputusan Menpan Nomor. 63/KEP/M.PAN/7/2003. Prinsip-Prinsip pelayanan Publik

Rekonos. 2015. Studi Pelayanan Asuransi Kesehatan (Askes) Sosial di RSUD Harapan Insan Sendawar. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda. Tidak diterbitkan.

Richard M. Steer, 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.