PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DIDESA BATU TIMBAU KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN KUTAI TIMUR

Muhammad Renaldi Fuad

Abstract


Pengaruh kepemimpinan Kepala Desa yaitu kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat merupakan suatu faktor yang sangat menentukan pembangunan yang ada didaerah kekuasaannya, demikian juga kedudukannya sebagai kepala pemerintahan bertanggung jawab terhadap terselenggaranya pemerintahan dalam pembangunan kemasyarakatannya.

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang (yaitu pemimpin) untuk mempengaruhi orang lain ( yaitu yang dipimpin atau pengikut-pengikutnya) sehingga orang lain tersebut bertingkah-laku sebagaimana yang dikehendaki pemimpin tersebut.

Dalam mewujudkan visi dan misi desanya,kepala desa mempunyai strategi untuk mewujudkan visi dan misinya dengan cara mengumpulkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama. Kemudian diadakan musrenbang untuk mendengar arahan atau pendapat dari bawahan dan kemauan masyarakat. Setelah itu memilah apa yang harus diprioritaskan, kemudian meminta dan mengajukan pendapat kepala desa, kemudian setelah semunya selesai lalu daftar kemauan tersebut dilibatkan kedalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah).

Partisipasi, partisipasi masyarakat merupakan keterlibatan masyarakat dalam suatu kegiatan. Keterlibatan dapat berupa mental dan fisik dalam menggunakan segala kemampuan yang dimiliki, untuk mencapai suatu tujuan bersama.

 

 

 

 


Keywords


Kepemimpinan, Partisipasi Masyarakat

Full Text:

doc

References


Fahmi, Irham. 2017. Manajemen kepemimmpinan Teori dan Aplikasi, Bandung : ALFABETA.

Rosidin, utang. 2019. Pemberdayaan Desa dalam sistem pemerintah daerah, Bandung : Pustaka Setia.

Wibowo. 2018. Kepemimpinan pemahaman dasar, pandangan konvesional, gagasan kontemporer, Depok ; PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Yuriawati, Ning Aneu. 2014. “Optimalimasi peran strategis pelayanan di wilayah kecamatan dalam mendukung pemerintah yang baik”. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

S.P siagian, Irham Fahmi. 2017. Manajemen kepemimpinan Teori dan aplikasi, Bandung; ALBETA.

Nurcholis, Hanif,2011. Pertumbuhan dan penyelenggeraan pemerintah desa, penerbit erlangga.

Made Pidarta, Rosidin utang. 2019. Pemberdayaan desa dalam sistem pemerintah daerah, Bandung ; ALFABETA.

Buchari Alma, Irham Fahmi 2017. Manajemen kepemimpinan teori dan aplikasi,bandung ; ALBETA.

Robbins, wibowo.2018. kepemimpinan pemahaman dasar, pandangan konvesional, gagasan kontemporer.

Von glinow, wibowo.2018. kepemimpinan pemahaman dasar, pandangan konvesional,gagasan kontemporer.

Colquitt, lepine, dan Wesson, wibowo. 2018. kepemimpinan pemahaman dasar, pandangan konvesional,gagasan kontemporer

Priyatno Duwi. 2014. SPSS 22 : pengolahan data terpraktis, Yogyakarta : Andi.

Ning Aneu Yuriawati. 2014. Optimalisasi peran strategis pelayanan diwilayah kecamatan dalam mendukung pemerintah yang baik.

Pemerintah Desa Batu Timbau, Tahun 2017-2013.Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMDES ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.