PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KESEHATAN PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN MAHAKAM ULU

Natalia Mega Inuq

Abstract


Natalia Mega Inuq, skripsi dengan judul Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu. Analisa data yang digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh antar variabel menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment, perhitungan analisa menggunakan program SPSS 17,0 for windows.

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 91 orang, dengan rincian sebanyak 29 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebanyak 62 orang pegawai honor dan TK2D dijadikan responden. seluruh populasi dijadikan responden penelitian dengan menggunakan metode sensus untuk mendapatkan dara primer penelitian.

Berdasarkan hasil perhitungan analisa data diperoleh harga r hitung sebesar 0,609 kemudian dibandingkan dengan harga kritik pada tabel r Produk Moment pada N = 91 dengan taraf signifikansi 95 % diperoleh harga kritik = 0,202. Hal ini terbukti dengan : r hitung = 0,609 > r tabel = 0,202 pada σ = 95 %, Dengan demikian dapat dinyatakan terdapat pengaruh positif antara variabel kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu.

Berdasarkan tabel interpretasi nilai (r) sebesar 0,609 terletak antara 0,600 sampai dengan 0,799 yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian hipotesis kerja (hi) diterima kebenarannya dan menolak hipotesis nol (ho). Hal ini berarti bahrwa terdapat pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Kesehata Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu.

Berdasarkan hasil perhitungan uji t hitung sebesar 4.240 hasil tersebut kalau dibandingkan dengan t table maka didapat t hitung> t tabel (4.240 >1.688), dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel kepemimpinan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas KesehataProvinsi Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur.

Berdasarkan hasil perhitunggan koefisiensi determinasi, diperoleh R Square atau r2 sebesar 65%. dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh kepemimpinan dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan seperti : wibawa, keteladanan pimpinan, ketegasan pimpinan dalam sikap dan tindakan, komunikasi dan koordinasi serta pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan pada saat melaksanakan pekerjaan, dan sebesar 35 % disiplin kerja pegawai dipengaruhi oleh faktor lainnya yang di ukur dalam penelitian ini, dan dilanjutkan oleh penelitian yang akan datang.


Keywords


leadership

Full Text:

doc

References


Adji. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Prajurit Korem 091/ Aji Surya Natakesuma. Skripsi. Fisipol Untag 1945 Samarinda.

Amalia, R. 2006. Hubungan antara Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan dengan Keterlibatan Kerja dan Sikap Positif Karyawan. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi UMS, Surakarta.

A .W. Widjaja.2006. Peranan Motivasi Dalam Kepemimpinan, Penerbit Akademi Pressindo, Jakarta.

Danim, Sudarwan., 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

GR. Terry, 1993. Pengembangan sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Liberty.

Handayaningrat, Soewarno, 1996, Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Manajemen. Gunung Agung, Jakarta.

Handoko,T.Hani, (2016), Manajemen Edisi 2. Badan Penerbit Fakultas Ekoomi (BPFE). Yogyajakarta.

Hasibuan Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi revisi, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Harsey. 2008. Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Delaprasata. Jakarta.

Jasin., 1989. Peningkatan Pembinaan Disiplin Nasional dalam Sistem dan Pola Pendidikan Nasional. Dalam Analisis CSIS. No. 4 Tahun XVII, Juli-Agustus 1989, Jakarta.Earl Babbie, 2006. Menerapkan Metode Penelitian Survai untuk Ilmu-ilmu Sosial. Palmall, Yogyakarta.

Kartini Kartono, 2002. Psikologi Sosial untuk Managemen dan Industri. Rajawali Pers, Jakarta.

Kartini Kartono, 2007, Pemimpin dan Kepemimpinan, Rajawali Press, Jakarta.

Ig. Suroso, 1992, Disiplin Motivasi Dengan kerja Karyawan Edisi Pertama PT. Intan, Klaten.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Moekijat, 1999, Manajemen Kepegawaian, Aalumni, Bandung.

Nainggolan, 1997, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan ke tujuh.

Nawawi, H. Hadari. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Pembangunan Nasional. Seri Pustaka Eksekutif. Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen. Jakarta

Nawawi Hadari. 2010. Kepemimpinan yang Efektif. UGM Press. Yogyakarta.

R. Aninda., 2005. Hubungan antara Persepsi terhadap Gaya Kepemimpinan Job Centered dengan Sikap Penerimaan terhadap Penilaian Kerja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi UMS, Surakarta.

Robins Stephen P., 1996, Perilaku Organisasi, Gramedia, Jakarta.

Robbins, Stephen P and Mary Coulter, 2001, Manajemen (Judul Asli Management) Alih Bahasa T. Hermaya, Prenhallindo, Jakarta.

Rivai, Dr. Veithzal M.B.A, 2006. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Edisi Kedua dan Ketiga. PT Raja Grafindo Parsada. Jakarta.

Sastrohadirwiryo, Siswanto, 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administrasi dan Operasional), Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Siswanto, Sastrohadiwiryo, B 2002, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Simamora, Henry., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, EdisiI, cet. Ke-I, Yogyakarta.

Sondang P. Siagian, 2005. Organisasi Kepemimpinan Perilaku Administrasi. Jakarta : Gunung Agung.

Sondang P Siagian, 2004, Fungsi-Fungsi Manajerial, Edisi Revisi Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

Soejono,1997. Disiplin Kerja Karyawan, Penertbit Offside. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.